Sportscar Yamaha Kembali jadi Sensasi, Paten Muncul Setelah Project Dibatalkan

Berita Otomotif

Sportscar Yamaha Kembali jadi Sensasi, Paten Muncul Setelah Project Dibatalkan

ALICANTE - Yamaha memang sudah membatalkan untuk membuat sportscar, namun baru-baru ini dilaporkan bahwa hak patennya telah muncul.

Adalah EUIPO (European Union Intellectual Property Office) atau kantor kekayaan intelektual (paten) Uni Eropa yang mengabarkan bahwa hak paten sportscar Yamaha baru saja terbit. Dan gambar dari aplikasi paten yang didaftarkan 2018 mengungkap desain akhirnya.

Sayangnya pada 2019, Yamaha secara resmi membatalkan seluruh project-nya yang berkaitan dengan produksi mobil. Menurut pabrikan Jepang berlambang garpu tala kala itu, keputusan membatalkan pembuatan mobil bergenre sportscar karena dianggap tidak dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan di masa mendatang.


Pembatalan ini tentu menghadirkan kekecewaan yang besar khususnya bagi penggemar Yamaha. Apalagi membuat sportscar adalah ambisi Yamaha sejak 10 tahun terakhir.

Seperti kita ingat, pada pertengahan 2010 Yamaha memulai project pembuatan sportscar dengan menghadirkan beberapa mobil konsep. Dan tak hanya itu, sektor mesin juga mereka kembangkan yang khusus akan didedikasikan untuk sportscar.

Dari sisi pengembangan juga tak main-main. Yamaha menggandeng Gordon Murray yang merupakan desainer tim F1 McLaren.

Lebih lanjut, desain dari sportscar Yamaha yang telah keluar patennya ini memang agak berbeda dengan versi konsep Sport Ride saat dilansir 2015. Secara umum tampilan calon versi porduksi ini lebih kalem alias tak seagresif versi konsepnya.

Yang menarik untuk menjadi bahan diskusi adalah hadirnya desain grille depan tertutup dan juga tidak memiliki exhaust system. Ini tentu menjadi indikasi bahwa Yamaha sejatinya bakal melengkapi ciptaan mereka dengan motor listrik alias sebuah sportscar EV.


Hal ini tentunya selaras dengan yang juga dilakukan Yamaha beberapa waktu lalu yakni melansir sebuah motor listrik berteknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM) atau menanamkan magnet permanen di rotor baja. Keunggulannya adalah mampu menciptakan medan magnet secara konstan, tentunya akan menghasilkan output tenaga cukup besar. 

Yamaha sendiri mengklaim bahwa motor listrik ciptaannya ini memiliki tenaga 200 kW atau 270 hp dan disebut sangat cocok digunakan oleh sportscar compact. Yamaha sendiri sudah mengujinya di Alfa Romeo 4C.

Lainnya, masih dari gambar, tata letak mid-engine pada Sports Ride Concept akan dipertahankan oleh pada model yang telah direncanakan untuk diproduksi. Ini  termasuk diffuser belakang cukup besar, handle doorflush, lampu depan berbentuk tetesan air mata dan lampu belakang bundar.

Meski secara keseluruhan tidak sama dengan versi konsep yang tampak lebih agresif, namun calon versi produksi sportscar Yamaha masih terlihat punya pesona. Lalu, setelah paten ini keluar, apakah di masa mendatang Yamaha berubah pikiran untuk melanjutkan project ini ?. Tungggu berita selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar