Info Mudik 2018: Siapkan E-Toll Rp 344 Ribu untuk Mudik Jakarta-Surabaya

Panduan Pembeli

Info Mudik 2018: Siapkan E-Toll Rp 344 Ribu untuk Mudik Jakarta-Surabaya

JAKARTA – Dengan sudah tersedianya akses Tol Trans Jawa di mudik Lebaran 2018, perjalanan Jakarta – Surabaya sudah bisa dilakukan sepenuhnya via jalan tol. Sekali jalan, Jakarta – Surabaya membutuhkan total biaya tol Rp 344 ribu sekali jalan di dalam kartu E-Toll.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan jatuh pada pekan depan, antara 15 atau 16 Juni. Namun, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik sudah terjadi pada akhir pekan ini, tepatnya Jumat (8/6/2018) karena mulai 11 Juni cuti bersama sudah dimulai hingga 20 Juni mendatang.

Transaksi tol di seluruh Indonesia sendiri, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, kini sudah menggunakan uang elektronik. Hal ini membuat para pemudik mesti menyiapkan dana yang cukup dalam kartu E-Toll mereka.

Adapun nominal Jakarta – Surabaya seperti yang dijelaskan di atas, adalah biaya sebelum diskon Lebaran di semua ruas jalan tol di Indonesia yang dioperasikan oleh sembilan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selama musim libur Lebaran. Ongkos ini adalah yang termahal dibandingkan jalur mudik via tol lain di seputar Pulau Jawa dan kabarnya rata-rata diskon yang diberikan mencapai 10 persen. 

 Pihak BUJT sendiri mewanti-wanti agar pemudik menyiapkan saldo kartu uang elektronik dengan nominal yang cukup, sesuai tujuan masing-masing. Ini demi menghindari efek berantai yang berujung pada bertambahnya kemacetan.

Dalam kondisi darurat, nantinya bakal ada 150 ribu kartu e-Toll di pintu-pintu tol. Turut disiapkan pula fasilitas top up tunai Mandiri di tiap gerbang tol plus mesin top up EDC (Electronic Data Capture) di seluruh rest area.

Lebih lanjut, untuk mencapai Surabaya dari Ibu Kota Jakarta, ruas-ruas tol yang dilewati cukup panjang. Setelah melalui Jakarta – Cikampek, pemudik kemudian mesti mengarah ke Cikampek – Palimanan, Palimanan – Kanci, Kanci – Pejagan, Pejagan Pemalang (sampai Brebes Timur), Pejagan – Pemalang Seksi Brebes Timur - Pemalang, Pemalang - Batang fungsional, Batang – Semarang fungsional, Semarang ABC, Semarang – Solo, Solo – Ngawi Seksi Kartosuro – Sragen, Solo – Ngawi, Ngawi – Kertosono, Kertosono – Mojokerto dan Mojokerto – Surabaya.

Rincian Tarif Tol
Bicara tarif rute lain di Trans Jawa, perjalanan Jakarta – Merak membutuhkan Rp 48 ribu, sedangkan Jakarta – Ciawi menghabiskan Rp 6.500. Jakarta – Bandung (Cileunyi) bertarif Rp 61.500, Jakarta Semarang Rp 173 ribu, Semarang – Surabaya Rp 171 ribu, Surabaya- Malang Rp 18 ribu, dan Surabaya – Pasuruan Rp 22 ribu.

Tarif rute tol Trans Sumatera, di sisi lain, adalah Rp 6 ribu untuk Palembang – Pamulutan, Rp 6 ribu dari Helvetia ke Semayang, Rp 4 ribu bagi Semayang – Binjau, serta Rp 41 ribu di rute Tanjung Morowa – Sei Rampah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support