Info Mudik 2018: Pembatasan Ganjil Genap Tidak Berlaku Hingga 20 Juni

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: Pembatasan Ganjil Genap Tidak Berlaku Hingga 20 Juni

JAKARTA – Pada tanggal 11 hingga 20 Juni 2018, pembatasan jalan ganjil genap tidak berlakukan.

Hal ini diumumkan pada akun twitter TMC Polda Metro Jaya. Dengan demikian, maka seluruh kendaraan bisa lebih leluasa untuk melaju di Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Tak hanya itu, kebijakan ganjil-genap di sejumlah ruas tol juga ditiadakan. Itu artinya, masyarakat bisa melaju di ruas Tol Bekasi Barat, Bekasi Timur, Cibubur, Kunciran, Tangerang, dan Karawaci tanpa khawatir.

Ditiadakannya aturan pembatasan kendaraan ini sebenarnya sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Hal ini karena cuti bersama yang diadakan Pemerintah dinilai serupa dengan hari libur nasional sehingga aturan pembatasan akan dihilangkan sementara. Setelah cuti bersama selesai, maka aturan pembatasan akan kembali diberlakukan.

Menariknya, meski tidak dilakukan pembatasan kendaraan, uniknya kemacetan di jalanan terbilang telah berkurang. Kondisi jalanan di Jakarta terbilang kosong sehingga pengemudi dapat memacu kendaraannya dengan kecepatan lebih tinggi.

Pembatasan kendaraan dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan dan mengundang masyarakat agar mau menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta. Pembatasan ini berlaku pada pukul 07.00 hingga 10.00 dan pukul 16.00 – 20.00.

Kendaraan roda 4 dengan nomor belakang ganjil hanya dapat masuk ke ruas jalan yang dilakukan aturan pembatasan pada tanggal ganjil. Sementara untuk kendaraan dengan nomor belakang genap juga hanya bisa melintas di jalan yang memberlakukan aturan serupa pada tanggal genap saja. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support