Info Mudik 2018: Mobil Berkapasitas Mesin Kecil Dihimbau Hindari Tol Fungsional Salatiga-Solo

Panduan Pembeli

Info Mudik 2018: Mobil Berkapasitas Mesin Kecil Dihimbau Hindari Tol Fungsional Salatiga-Solo

SALATIGA – Mobil-mobil berkapasitas mesin (cc) kecil dihimbau menghindari jalur tol fungsional Salatiga – Solo karena akan melewati tanjakan panjang plus curam di wilayah Kali Kenteng.

Arahan tersebut datang dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Tengah via akun Twitter resmi mereka baru-baru ini. Bagaimana tidak, di ruas tersebut telah menunggu tanjakan ‘setan’ yang menurut mereka bersudut sampai dengan 57 derajat.

“Himbauan mobil cc  kecil untuk tidak melewati tol  funsional Salatiga ke arah Solo karena sulitnya medan yang menanjak hingga 57 derajat,” kata mereka dalam akun Akominfo_jtg.

Jalur ini memang sedang ramai diberitakan oleh berbagai media massa, juga dibicarakan oleh para warganet karena begitu ekstremnya tanjakan Kali Kenteng di tol fungsional Salatiga - Solo. Di jagad internet, video yang menunjukkan mobil low cost green car (LCGC) Daihatsu Ayla terlihat tak kuasa melewati tanjakan itu sedang viral.

Bahkan, Ayla hampir saja mundur dan membahayakan mobil  lain di belakang. Beruntung, di lokasi terdapat petugas Kepolisian yang membantu.

Jasa Marga sendiri kemudian mengeluarkan siaran pers yang membantah keterangan 57 derajat dari Dinas Kominfo Jawa Tengah. Menurut mereka, sudut elevasi maksimal di tanjakan Kali Kenteng adalah 7,24 derajat dan aman dilalui.

Jalur ini sudah dilengkapi pagar pengaman, tolo-tolo, serta moveable concrete barrier (MCB) untuk membantu pengguna jalan. Disiapkan pula derek di lokasi jika terjadi kondisi darurat.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini juga melakukan filterisasi kendaraaan di Gerbang Tol Salatiga dan meminta pick up plus kendaraan tua sarat muaran berputar kemudian keluar di pintu tol Tingkir. Akan tetapi, Jasa Marga tetap menghimbau pemudik memastikan kondisi mesin dalam kondisi prima saat melibas tanjakan Kali Kenteng di tol fungsional Salatiga – Solo.

Dari data Jasa Marga, pada hari pertama dibuka, tol fungsional Salatiga - Solo tercatat telah dilewati 4.200 kendaraan. Sementara, di hari kedua, ada 5.780 kendaraan melaluinya.

Selama dua hari itu, terdapat setidaknya 10 kendaraan mogok di tanjakan Kali Kenteng. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support