Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Info Mudik 2018: Ini Moda Transportasi Favorit saat Mudik selain Kendaraan Pribadi

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: Ini Moda Transportasi Favorit saat Mudik selain Kendaraan Pribadi

JAKARTA – Selain kendaraan pribadi, kendaraan umum tetap menjadi salah satu pilihan untuk mudik ke kampung halaman.

Kereta Api pun berhasil menjadi transportasi umum yang paling diminati oleh pemudik. Hal ini terlihat dengan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api mencapai puncaknya pada 11 Juni 2018. Ketika itu, pemudik yang menggunakan kereta api mencapai 274.996 orang.

Demikian pula saat arus balik, pemudik lebih memilih kereta api dibandingkan kendaraan lain. Hal ini terlihat saat puncak arus balik yang menggunakan kereta api mencapai 372.241 orang pada 17 Juni 2018.

Guna memenuhi banyaknya pemudik yang menggunakan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pun menyiapkan sejumlah kereta tambahan. Sedikitnya ada 20 Kereta Api tambahan yang disiapkan dan diantaranya adalah Argo Lawu, Argo Dwipangga dan Taksaka dengan masing masing 1000 kursi tambahan.

Sementara itu untuk angkutan penyebrangan juga mengalami peningkatan signifikan. Banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi kemudian menyeberang menggunakan kapal mulai terasa pada tanggal 7 Juni 2018 dan puncaknya terjadi pada tanggal 13 Juni 2018. Ketika itu, tercatat ada 202.187 pemudik yang disebarangkan menggunakan kapal penyeberangan. Sementara untuk arus balik, puncaknya terjadi pada 20 Juni 2018 dengan jumlah 224.191 penyeberang.

Sedangkan pemudik yang menggunakan transportasi udara juga mengalami peningkatan di masa mudik Lebaran. Peningkatan mulai terjadi pada 16 Juni 2018. Ketika itu, sedikitnya ada 12.322 pemudik yang memanfaatkan jalur udara. Sementara untuk arus baik, puncak kepadatan terjadi pada tanggal 18 Juni dengan jumlah penumpang mencapai 15.360.

Transportasi udara memang merupakan solusi bagi para pemudik yang enggan untuk bermacet-macetan serta hanya memiliki waktu terbatas. Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh sejumlah maskapai untukmenambah penerbangan.

Garuda Indonesia misalnya, mereka menambah sedikitnya 768 penerbangan dibandingkan hari normal. Jakarta-semarang, Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Padang merupakan rute favorit para pemudik.

Sementara itu Citilink pun tidak mau ketinggalan. Mereka menambah sedikitnya 480 penerbangan dengan berbagai tujuan pilihan. Rute tersebut adalah Jakarta-Solo, Jakarta-Semarang, Jakarta-Jogja, Jakarta-Denpasar dan Jogja-Kualanamu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang