Info Mudik 2018: Hindari Dua Tanggal Ini Saat Arus Balik

Panduan Pembeli

Info Mudik 2018: Hindari Dua Tanggal Ini Saat Arus Balik

JAKARTA – Puncak arus balik dari mudik Lebaran 2018 diprediksi akan terjadi pada dua hari terakhir libur panjang dan pemerintah mengimbau agar para pemudik pulang sebelum atau setelahnya.

Arus mudik pada tahun ini sudah terjadi pada 8 Juni, atau tujuh hari sebelum perayaan Idul Fitri 2018 yang jatuh pada 15 Juni. Cuti bersama yang ditetapkan pemerintah sendiri berlangsung pada 11 – 20 Juni, meski sebagian perusahaan baru meliburkan karyawan mereka pada 13 Juni.

Kementerian Perhubungan, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, baru-baru ini memproyeksikan bahwa puncak arus balik kemungkinan besar bakal terlihat pada 19 – 20 Juni. Prediksi ini didapat dari studi yang mereka lakukan dan arus balik sendiri sudah dimulai pada hari kedua Lebaran, Sabtu (16/6/2018).

“Kami telah rapat untuk melakukan perencanaan arus balik. Dari beberapa hal yang kita putuskan, salah satunya adalah puncak mudik terjadi pada 19-20 Juni,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Lebih lanjut, pemerintah menyarankan agar para pemudik kembali ke kota tempat bekerja sebelum atau setelah tanggal itu agar mereka terhindar dari puncak kepadatan di jalur pulang. Mereka pun diharap tak terpaku pada jalan tol dan mempertimbangkan rute alternatif seperti jalur Pantai Utara yang diklaim sudah dalam kondisi lebih baik.

“Saya imbau bagi mereka yang tidak ingin bermacet-ria, pulanglah sebelum itu. Pulang sebelum 19-20 Juni atau setelah itu,” kata Budi.

Tak hanya Kemenhub, Kepolisian Republik Indonesia pun mengeluarkan saran serupa.

"Bagi yang akan balik, jangan memilih 20 Juni karena pasti macet. Untuk menghindari kepadatan cicil arus baliknya, hindari tanggal 20,” tandas Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar