Indonesia Masih Seksi di Mata Chevrolet

Berita Otomotif

Indonesia Masih Seksi di Mata Chevrolet

JAKARTA - Tahun 2015 pasar mobil Indonesia terpukul mengikuti penurunan penjualan nasional. Tapi, hal itu tidak membuat General Motors (GM) Indonesia mengurangi kepercayaannya pada potensi besar yang dimiliki Indonesia.

Seperti diketahui, tahun ini diperkirakan total penjualan mobil di Indonesia hanya akan berada di sekitar angka 1 juta unit saja. Angka itu turun dari perolehan tahun lalu yang mencapai 1,2 juta unit.

Bila dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Chevrolet di Indonesia memang turun, mengikuti penurunan penjualan mobil di Indonesia yang memang dialami hampir semua produsen yang ada.

Di Januari sampai Oktober 2015 Chevrolet hanya mampu melepas 4.077 unit, turun dari 8.866 unit yang mereka bukukan di periode yang sama tahun lalu. Untuk setahun penuh, di 2014 Chevrolet menjual 10.018 unit mobil, tapi untuk tahun ini, Gupta tidak memberikan perincian.

Tahun depan Presiden Direktur GM Indonesia Gaurav Gupta percaya ekonomi akan membaik. Apalagi ada perjanjian perdagangan bebas antara Asean dan Jepang-Korea yang tengah disiapkan. 

Pada perjanjian itu, bea masuk mobil dari Korea hanya akan berada di kisaran angka 5 persen. Seperti diketahui, sebagian besar produk Chevrolet yang dijual di Indonesia memang diimpor utuh (CBU) dari Korea.

"Bila jadi, ini akan sangat menguntungkan," kata Gupta tanpa menjelaskan apakah akan ada penurunan harga mobil Chevrolet di Indonesia atau tidak.

Tapi yang jelas, lanjutnya, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di mata Chevrolet. Penjualan dalam negeri Indonesia walaupun hanya 1 juta unit sudah menjadi penjualan tertinggi di Asean. "Nomor 2 itu Thailand, sekitar 700 ribu unit," cetusnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual