Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Beli Mobil Jaguar & Land Rover Lebih Baik di Diler Resmi daripada Importir Umum

Berita Otomotif

Beli Mobil Jaguar & Land Rover Lebih Baik di Diler Resmi daripada Importir Umum

JAKARTA – Selain membeli mobil Jaguar dan Land Rover di diler resmi, konsumen juga bisa memperolehnya lewat importir umum (IU). Namun, sebaiknya membeli di diler resmi karena konsumen bisa mendapatkan beragam keuntungan dan mobil yang dipasarkan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan masyarakat Indonesia

Nama Jaguar Land Rover (JLR) memang sempat padam di pasar otomotif Indonesia. Seiring berjalannya waktu merek asal Inggris itu kembali muncul ke permukaan bersamaan dengan penunjukkan PT JLM Auto Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) JRL di Indonesia.

Dalam memasarkan produk JLR, PT JLM Auto Indonesia dibantu oleh PT Indomobil Trada Nasional sebagai sales operation.

“Setelah dua tahun ’absen’, prinsipal (Jaguar Land Rover) menunjuk JLM sebagai APM dan Indomobil sebagai retailer,” ungkap Susilo Darmawan, Head of Retail Network PT Indomobil Trada Nasional, di Jakarta belum lama ini.

Sehubungan dengan sudah ada APM resmi-nya, Susilo memberi saran kepada calon konsumen JLR agar beralih dari IU dan membelinya di diler resmi.

Meski begitu, bukan berarti mobil Jaguar dan Land Rover yang dibeli melalui IU tidak dapat dibawa ke bengkel resmi untuk perawatan. Susilo menerangkan konsumen tetap bisa dilayani, namun ada syaratnya.

“Asal spesifikasinya sesuai dengan yang prinsipal berikan haknya kepada kita untuk menjalankan. Kalau sekarang mungkin Jaguar varian diesel belum bisa kita terima, tapi untuk varian apa pun yang sesuai dengan yang kita sepakati dengan prinsipal, kita terima,” terangnya. 

Sekalipun spesifikasinya sesuai, lanjut Susilo, mungkin tidak bisa secepat servis mobil yang belinya dari diler resmi.

"Kita koordinasi dengan prinsipal di Inggris. Mereka sekarang bisa kerja sama dan mau menangani mobil konsumen yang dibeli di luar diler resmi. Cukup tunjukkan nomor VIN-nya (vehicle identification number/nomor identitas kendaraan), lalu mereka akan lakukan tindakan. Tentu tindakannya positif untuk membantu perkembangan pasar di Indonesia,” sambungnya.

Spesifikasi Sesuai Pasar Indonesia

Gerry C. Kertowidjojo, Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia juga mengamini perkataan Susilo. Ia menekankan pentingnya membeli produk JLR di diler resmi.

Salah satu poin plus-nya jelas Gerry, spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Ia menyebutkan mobil yang digunakan oleh Jaguar TCS Racing dalam kompetisi Formula-E di Jakarta baru-baru ini sebagai contoh.

“Di Formula-E saja, performa baterai dan mesin yang digunakan benar-benar berubah karena udara dan kelembaban di sini. Inilah yang harus di-setting dari pabrik agar jadi market specific,” ungkap Gerry.

Sementara untuk mobil dari IU, dikatakannya bukanlah mobil yang berspesifikasi untuk pasar Indonesia, dan bisa menjadi sebuah masalah yang dialami konsumen.

“‘Loh kok mobilnya banyak sekali isunya?’ karena memang bukan didesain untuk cuaca di Indonesia,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, khusus pembelian semua produk Jaguar di diler resmi akan diberikan garansi selama lima tahun. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang