Inden Mitsubishi Xpander Diusahakan Jadi Hanya Satu Bulan

Berita Otomotif

Inden Mitsubishi Xpander Diusahakan Jadi Hanya Satu Bulan

SEMARANG – Inden Mitsubishi Xpander sedang diusahakan untuk dipersingkat lagi waktunya menjadi hanya satu bulan saja.

Masa tunggu pengiriman unit Xpander saat ini memang sudah relatif pendek jika dibandingkan dengan saat model tersebut meluncur pada Agustus 2017. Saat itu, karena pemesanan melebihi ekspektasi dan kemampuan pabrik baru yang belum optimal, inden bisa sampai setengah tahun atau lebih.

Sekarang, pabrikan berlogo tiga berlian ini mengklaim inden Xpander telah mencapai sekitar dua bulan. Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berambisi menguranginya lagi menjadi satu bulan dalam waktu dekat.

“Volume produksi Xpander sudah meningkat drastis saat ini. Saya harap, rentang waktu pengiriman nantinya mampu diperpendek menjadi satu bulan,” kata dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu dalam pembukaan kampanye ‘Xpander Tons of Happiness’.

Meski begitu, Kondo belum dapat memastikan kapan inden satu bulan untuk Xpander bisa terealisasikan. Menurut dia, banyak faktor yang mempengaruhinya, termasuk jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terkini yang mereka terima.

“Itu terganting dari berapa banyak pemesanan baru yanng kami terima sekarang,” ujarnya.

Atensi pasar domestik terhadap low multi purpose vehicle (LMPV) satu ini memang masih tergolong tinggi. Hingga Juli, jumlah total SPK untuknya diklaim mencapai 80 ribu unit. Sementara, populasinya di pasar dalam usia setahun menurut Kondo berjumlah sekitar 60 ribu unit.

Kapasitas produksinya per Juli 2018 sudah ditingkatkan menjadi 10 ribu unit per bulan termasuk untuk pasar ekspor. Padahal, kapasitas produksi awal hanya 5.000 unit per bulan.

Pada tahun fiskal 2019, Mitsubishi berencana meningkatkan lagi produksi Xpander menjadi 150 ribu unit per tahun atau 12.500 unit per bulan untuk pasar Indonesia dan luar negeri. Xpander sendiri mulai Agustus 2018 berbanderol Rp 199,1 – 255,4 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual