Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Inden Hyundai Ioniq 5 Kini Berkurang Jadi 8 Bulan, Sudah Minat Beli?

Berita Otomotif

Inden Hyundai Ioniq 5 Kini Berkurang Jadi 8 Bulan, Sudah Minat Beli?

JAKARTA – Para pemesan Hyundai Ioniq 5 pada 2023 diyakini tak perlu menunggu sampai setahun. Meski begitu, indennya tetap terbilang lama.

Ioniq 5 tahun lalu mengalami inden luar biasa panjang akibat krisis cip semikonduktor global plus respons yang sangat positif dari masyarakat Indonesia.

Para pemesan crossover yang resmi mengaspal pada akhir Maret 2022 ini bisa menunggu sampai sekitar 1,5 tahun.

Namun, mereka yang memesan mobil listrik tersebut pada 2023 diklaim tak perlu lagi menunggu selama itu.

Hyundai Ioniq 5

“Mungkin bisa lebih cepat. Enggak setahun lagi, lah. Kira-kira kurang-lebih sampai delapan bulan, lah,” aku Chief Operating Officer PT. Hyundai Motor Indonesia (HMID) Makmur menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Gathering pada 11 Januari 2023 di Plaza Senayan, Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Ioniq 5 merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) pertama yang dirakit di Indonesia.

Harga on the road (OTR) Jakartanya sekarang, menurut situs salah satu diler resmi Hyundai, berkisar di Rp748 juta sampai Rp859 juta.

Pemosisian harga tersebut tak membuat mundur para konsumen berduit. Total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Ioniq 5 sepanjang 2022 mendekati 6.000 unit.

“Tahun ini kami sudah suplai lebih dari 1.800 unit… Di luar itu, kami masih ada outstanding (pesanan unit yang belum dikirim—Red) hampir 4.000 unit,” jelas Makmur.

Hyundai Ioniq 5

Beruntung, kapasitas produksi Ioniq 5 di pabrik Hyundai Cikarang, Bekasi pada 2023 dapat ditingkatkan. Soalnya, mereka sudah mendapatkan komitmen penambahan suplai komponen dari prinsipal di Korea Selatan.

“Komponen dari sana dibantu ditambah untuk kami. Ada sebagian cip semikonduktor dan ada beberapa juga yang lainnya. Kami sudah mendapat dukungan dari prinsipal. Ini terutama juga karena mereka melihat kondisi di negara kita, dengan pemerintah yang sangat mendukung keberadaan mobil listrik ini,” papar Makmur lagi.

Ioniq 5 memiliki jarak tempuh sampai dengan 481 km, tergantung tipe yang dipilih. Mobil listrik yang dibangun di atas platform E-GMP tersebut terdiri dari beragam fitur.

Di antaranya ialah Vision Roof, LED Ambient Mood Light, BOSE Sound System, 12.3 Inch Full TFT LCD Touch Audio Display, Wireless Charging, I-Pedal, Paddle Shifter, Vehicle 2 Load (V2L), Hyundai SmartSense. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang