Gara-Gara Google Maps, Bule Prancis Nyasar ke Tol Malang-Pandaan Naik Motor

Berita Otomotif

Gara-Gara Google Maps, Bule Prancis Nyasar ke Tol Malang-Pandaan Naik Motor

MALANG - Seorang warga negara Prancis tersesat ke jalan tol Malang - Pandaan saat jalan-jalan naik sepeda motor sambil mengikuti panduan Google Maps.

Phillipe, nama bule tersebut, tertangkap saat sedang mengemudikan motor di ruas tol Malang - Pandaan pada Senin (7/10/2019) kemarin. Kepada polisi lalu lintas, ia mengaku berniat menuju Taman Safari di Pasuruan, Malang.

Wisatawan ini melaju dengan Honda Scoopy bernomor polisi AG 3164 RAP pada pkl.08.30 WIB. Ketika masuk melalui pintu tol Singosari, Malang, petugas penjaga tak sempat menghentikan laju kendaraan.

Akhirnya, petugas pintu tol pun menghubungi Tim PJR Ditlantas Polda Jawa Timur. Kebetulan, Kanit PJR Jawa Timur IV Ajun Komisaris Polisi (AKP Suwarno) bersama para anggotanya sedang menggelar patroli sehingga mereka pun langsung mengejar Phillipe. Saat terlihat, ia sedang mengendarai ‘kuda besi’ tersebut menuju Pasuruan.

“Kami kemudian menghentikan pengendara motor tersebut. Di sana kami sampaikan, bahwa roda 2 atau motor dilarang masuk ruas tol Malang-Pandaan,” ujar Suwarno, seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri.

Statusnya sebagai warga negara Prancis diketahui dari paspor dan SIM internasional. STNK motor menunjukkan bahwa Scoopy yang ia bawa adalah motor sewaan.

Phillippe mengaku pada malam harinya bermalam di hotel Solaris yang berlokasi tidak jauh dari gerbang tol Singosari. Dia juga menjelaskan alasannya hingga bisa masuk ruas tol Malang-Pandaan melalui gerbang Singosari.

“Jadi habis keluar hotel (Solaris) yang bersangkutan mengikuti petunjuk Google Maps yang memberikan arah menuju Taman Safari, Pasuruan, di mana lokasi yang hendak dituju. Arah Google Map-lah yang mengarahkan yang bersangkutan masuk ruas tol Malang-Pandaan,” terang Suwarno.

Petugas selanjutnya memberikan penjelasan kepada Philippe terkait larangan roda dua masuk ke jalur tol. Dia kemudian diantar petugas keluar dari ruas tol Malang-Pandaan.

“Dari keterangannya, juga diketahui bahwa dia merupakan wisatawan yang baru dua hari di Malang,” pungkasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support