Iklan Toyota Yaris Dilarang Tayang Karena Picu Orang untuk Ngebut

Berita Otomotif

Iklan Toyota Yaris Dilarang Tayang Karena Picu Orang untuk Ngebut

SYDNEY - Iklan Toyota Yaris dilarang tayang oleh regulator periklanan Australia karena dianggap dapat mempengaruhi orang untuk ngebut dan bisa sangat berbahaya.

Jika dicermati, secara umum tidak ada yang aneh atau luar biasa dari iklan line-up Toyota Yaris tersebut. Bercerita soal keluarga, kakak-adik, masing-masing mengendarai Yaris, Yaris Cross dan GR Yaris.

Ketiganya janjian untuk kembali ke rumah orang tua mereka yang sedang merayakan hari ulang tahun pernikahan. Semua skenario normal, namun memang ada beberapa visual berkendara agresif yang dilakukan GR Yaris karena memang seperti ingin menunjukkan performanya namun rasanya masih dengan cara cukup halus.

Dalam iklan, Jack si pengemudi GR Yaris diceritakan sedikit melupakan acara kumpul keluarga tersebut dan dihubungi oleh saudarinya. Jack yang sedang sibuk di sebuah workshop terpencil dan sepertinya jauh dari lokasi acara kemudian bergegas pergi.

Jack kemudian melakukan manuver agresif saat keluar dari workshop serta kemudian melaju cukup cepat. Dan jika dibandingkan dengan 2 saudarinya, Ia dipastikan akan telat sampai di rumah orang tuanya.

toyota gr yaris
Namun apa yang terjadi, ternyata Jack lebih dahulu sampai. Tak hanya itu, Ia juga sempat membawakan kedua orang tuanya sebuah kue. Artinya Jack bergerak sangat cepat menggunakan GR Yaris. 

Pada iklan ini Toyota memang jelas ingin menggambarkan kekuatan atau performa dari GR Yaris. Namun ini dianggap melanggar 2 hal, mengemudi tidak aman dan melanggar kecepatan.

Toyota Australia sendiri menanggapi pengaduan ini dengan serius. Namun mereka tetap yakin bahwa iklan ini tidak melanggar apapun.

"Kami yakin bahwa iklan tersebut tidak melanggar aturan FCAI (Federal Chamber of Automotive Industries) atau undang-undang dan peraturan yang berlaku di jalan serta aturan standar mengemudi," kata sumber Toyota Australia.

Sejauh ini iklan Yaris buatan Toyota Australia masih bisa Anda saksikan di video berikut ini.

Toyota GR Yaris sendiri diluncurkan di Austarlia Oktober 2020. Dan 1.000 unit pertama langsung ludes terjual lewat harga perkenalan setara Rp 426 jutaan. Artinya lebih murah lebih dari Rp 100 jutaan dari harga normal yang banderolnya sekitar Rp 535 jutaan.

GR Yaris di Australia juga ditawarkan dengan beragam fitur tambahan. Seperti  sound system JBL, integrasi smartphone, AC otomatis, jok kulit dan beberapa aksesoris lainnya.

Untuk pasar Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM) mengaku telah menerima pertanyaan dari dealer dan konsumen terhadap kehadiran Yaris GR. Ini artinya sudah banyak penggemar Toyota di Indonesia yang juga ngebet untuk memiliki GR Yaris.

“Sudah ada beberapa pertanyaan atau permintaan dari dealer atau konsumen untuk GR Yaris. Terutama konsumen-konsumen yang memang latar belakangnya adalah penggemar mobil racing atau mobil sport. Kami positif bakal mempelajari apakah pangsa pasarnya untuk Indonesia bisa kami include (masukkan),” jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM beberapa waktu lalu. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar