Iklan Toyota Fortuner di Mesir Mendapat Kritik, Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Iklan Toyota Fortuner di Mesir Mendapat Kritik, Ini Sebabnya

KAIRO – Iklan Toyota Fortuner terbaru di Mesir mendapat kritikan, mayoritas dari perempuan karena dianggap mendiskriminasikan gender.

Toyota Mesir, seperti diwartakan Carscoops, merilis video Fortuner teranyar di akun resmi Facebook maupun Youtube mereka dengan target demografi lelaki modern. Video yang dirilis pada 22 September itu, hingga Selasa (24/10/2018) pkl 11.08 WIB, sudah ditonton di Facebook sebanyak 3,2 juta kali, dibagikan 1.560 kali, serta mengumpulkan 491 komentar.

Namun, punch line atau pernyataan penutup video menimbulkan tanggapan-tanggapan pedas cukup banyak terselip di kolom komentar Facebook. Pasalnya, punch line video berbunyi ‘Made for Men’ (Dibuat untuk Lelaki) dianggap diskriminatif kepada konsumen dari kaum hawa. Kebanyakan dari warganet yang berkomentar tajam adalah perempuan.

Pemilik akun Sarah Barakat,misalnya, mempertanyakan punch line tersebut. Ia mengeluarkan pernyataan sinis dengan mengatakan Toyota Mesir baru saja kehilangan hampir dari separuh penjualannya dengan iklan bernada seksisme ini.

Yara Shalaby, seorang off-roader perempuan, juga mengkritik punch line video Fortuner di Mesir. Ia mengatakan iklan tersebut rasis.

“Sungguh pesan yang rasis! Sebagai pebalap dan off-roader, saya sangat tidak menyukai kampanye ini,” tukasnya.

Ada pula yang meminta Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang turun tangan. TMC diharapkan dapat meninjau ulang kampanye tersebut.

“Toyota Global, apakah kalian tahu dengan iklan bernuansa seksime ini? Kalian harus mengurusi sampah ini secepatnya,” tandas Lobna Fatani.

Pernyataan senada juga termonitor di akun Youtube Toyota Mesir. Di media sosial ini, video Fortuner telah ditonton 4.904.476 kali sejak diunggah pada 21 September.

“Toyota Mesir mengeluarkan banyak uang untuk membuat iklan yang tidak menyertakan 50 persen pasar. Ini adalah abad ke-21, bukan 18! Kami awalnya mempertimbangkan Fortuner, tapi dengan iklan seksisme ini kami akan melihat kompetisi yang ada karena keluarga saya tidak mendukung merek yang mendukung seksisme! Toyota baru saja menembak kedua kakinya dengan satu peluru,” pungkas Juliana Pedroso Rodrogues.

Ada pula laki-laki yang ikut mengkritisi.

“Kampanye bernada seksisme seperti ini tidak ditoleransi di abad ke-21,” ujar Mohamed Khaled.

Toyota Mesir terpantau tidak membalas komentar-komentar tersebut. TMC pun sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan terkait respons warganet perempuan di Mesir. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar