Hyundai Pelajari untuk Rakit SUV di Indonesia

Berita Otomotif

Hyundai Pelajari untuk Rakit SUV di Indonesia

JAKARTA – Hyundai saat ini sedang mempelajari kemungkinan merakit secara lokal satu sport utility vehicle (SUV) lagi di pabrik mereka di Pondok Ungu, Bekasi.

Sembari melakukan finalisasi rencana pembangunan pabrik baru berskala jauh lebih besar yang akan menjadi basis produksi, Hyundai terus mencari peluang menambah model rakitan di Pondok Ungu. Saat ini baru Hyundai H-1 yang dirakit lokal untuk kebutuhan pasar Indonesia juga ekspor ke beberapa negara.

“Kami sedang pelajari satu produk untuk dirakit lokal selain H-1,” ujar Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), akhir April di JIExpo Kemayoran.

Menurut dia, model tersebut bukanlah multi purpose vehicle (MPV) seperti H-1. Produk yang sedang distudi tersebut ialah SUV kelas menengah. Sayangnya, Mukiat tidak bersedia memberitahukan lebih mendetail.

Hyundai sendiri di pasar Indonesia sekarang memasarkan dua model SUV yakni Santa Fe plus Tucson dan keduanya masih diimpor dari luar negeri. Jika melihat kondisi pasar, kemungkinan besar Hyundai Tucson yang sedang diincar HMI untuk dirakit lokal, kecuali jika pabrikan asal Korea Selatan itu berencana mendatangkan produk lain.

Pabrik Pondok Ungu bukanlah fasilitas produksi, melainkan hanya untuk perakitan Completely Knock Down (CKD). Pabrik yang dioperasikan oleh HMI tu berkapasitas relatif kecil.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, kapasitas produksi terpasangnya berkisar beberapa puluh ribu unit per tahun. Pabrik ini juga mengekspor kendaraan dengan volume ratusan unit per bulan.

Sepak terjang merek-merek mobil asal Korea Selatan, di pasar otomotif Indonesia, kalah jauh dibandingkan ‘saudaranya’ dari Jepang. Pada 2017, merek Jepang menguasai 98 persen penjualan dengan volume 1.060.236 unit.

Adapun merek-merek ‘Negeri Ginseng’ yakni Hyundai dan Kia berkontribusi 0,2 persen dari pasar. Volume penjualan mereka tahun lalu secara total ialah 2.108 unit.

Akan tetapi, hal ini tidak membuat Hyundai acuh tak acuh terhadap Indonesia. Negeri ini menjadi kandidat untuk lokasi basis produksi Asia Tenggara selain Vietnam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual