Hyundai Staria, Pesaing Alphard Meluncur di Indonesia Pekan Depan

Berita Otomotif

Hyundai Staria, Pesaing Alphard Meluncur di Indonesia Pekan Depan

JAKARTA – Hyundai Staria segera meluncur dalam hitungan hari di jagat otomotif Tanah Air untuk menantang Toyota Alphard.

Segmen multi purpose vehicle (MPV) mewah di Indonesia bakal kedatangan pemain baru dari Hyundai. Seperti diduga sebelumnya, model tersebut adalah Staria.

Pabrikan asal Korea Selatan tersebut, pada Jumat (13/8/2021), mengirimkan via surel undangan peluncuran Staria. Rencananya, seremoni perkenalan dilakukan secara virtual persis satu minggu dari sekarang.

“PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengundang rekan-rekan media untuk menjadi saksi dalam peluncuran produk Hyundai terbaru, Staria, MPV premium nan futuristik yang memberikan makna pengalaman hidup lebih besar, Larger Than Life. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat, 20 Agustus 2021,” demikian tertulis pada invitasi digital dari mereka.

Publik juga dapat menyaksikannya via kanal YouTube Hyundai Motors Indonesia pada pukul 16.00 WIB.

Hyundai Staria Meluncur di Indonesia 20 Agustus 2021

Sinyal-sinyal peluncuran dari kompetitor Alphard tersebut sebenarnya sudah terlihat pada permulaan 2021, tak lama setelah debut globalnya yang berlangsung pada April.

Pertanda pertama ialah terdaftarnya nama sekaligus Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Staria di situs resmi Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Pertanda kedua bahkan lebih kuat. Media Korea Selatan Yonhap mengutip penjelasan Hyundai Motor Company bahwa setelah meluncur di Thailand pada semester kedua 2021, Staria bakal bergantian mengaspal di tiga negara Asia Tenggara lainnya yaitu Vietnam, Indonesia, Malaysia.

Dalam Investor Daily Summit 2021 pada Juli lalu, Chief Operating Officer Hyundai Asia Pacific Lee Kang Hyun menyatakan bahwa mereka punya peluncuran satu model baru bermesin konvensional pada akhir 2021. Akan tetapi, tidak dijelaskan identitas model tersebut.

Hyundai Staria pesaing Toyota Alphard

Sinyal terakhir adalah keterangan dari tenaga penjual diler Hyundai kalau Staria nantinya hadir dalam opsi 9-seater (sembilan tempat duduk) serta 7-seater (tujuh tempat duduk). Jenis mesinnya adalah diesel dan harga dimulai dari Rp800 jutaan.

Jika kelak benar-benar dijual mulai dari Rp800 jutaan, berarti harganya amat kompetitif jika dibandingkan dengan Alphard.

Per Agustus 2021, Alphard dijual dengan banderol on the road (OTR) Jakarta Rp1,065-1,99 miliar, sedangkan Vellfire Rp1,24 miliar. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar