Hyundai Kembangkan Fitur Anti Virus Corona

Berita Otomotif

Hyundai Kembangkan Fitur Anti Virus Corona

SEOUL - Hyundai Motor Company (HMC) mengumumkan tengah melakukan riset mengembangkan fitur yang bisa mensterilkan interior agar terbebas dari virus Corona.

Menjaga kebersihan mobil terutama bagian interior adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun kini cara yang paling bisa dilakukan adalah menyemprokan desinfektan ke beberapa bagian ruang.

Proses ini sendiri dianggap kurang efektif, belum lagi cairan desinfektan yang juga bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Dan kebanyakan dari pemilik mobil akhirnya abai, cukup merepotkan untuk dijadikan rutinitas harian. 

Hyundai sendiri kemudian berusaha mencari cara untuk menyederhanakan proses ini. Pabrikan ternama Korea ini tengah bekerja mengembangkan teknologi khusus yang bisa mensterilisasi mobil secara efektif dan efisien.

Lampu sinar ultraviolet (UV) khusus menjadi bagian utama dari virus anti Corona ini. Lampu UV tersebut digunakan untuk mensterilkan ke seluruh bagian interior terutama yang  memiliki kontak tinggi dengan seluruh penumpang seperti jok, dasbor, setir hingga karpet. 

Demi kesehatan, lampu ini bisa diaktifkan setiap kali mobil kosong. Karena seperti kita ketahui, sinar UV langsung akan berbahaya bagi kulit manusia. 

Mengingat satu lampu UV yang dipasang di langit-langit tidak akan cukup untuk mencapai semua sudut dan celah kabin, Hyundai juga berencana mengembangkan lampu kabin terpisah. Ini tentu akan memungkinkan sterilisasi yang lebih baik secara keseluruhan.

Langkah Hyundai untuk membuat fitur penangkal virus Corona sebelumnya sudah dilakukan pabrikan lain yakni Geely. Namun produsen mobil asal China ini mengembangkan dengan cara berbeda yakni menambahkan fitur air purifier di kabin.

Geely mengklaim, fitur bernama Intelligent Air Purification System (IAPS) ini mampu membasmi virus Corona secara efektif. IAPS berkerja bersama dengan AC, bertugas untuk mengisolasi serta menghilangkan elemen berbahaya di kabin kendaraan termasuk bakteri juga virus.

Fitur ini sendiri sudah menjadi standar di SUV terbaru Geely ICON. Dan sudah mulai dipasarkan di China pada Februari 2020. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar