Hyundai Santa Fe 2019 Akan Dilengkapi Sensor Sidik Jari Canggih

Berita Otomotif

Hyundai Santa Fe 2019 Akan Dilengkapi Sensor Sidik Jari Canggih

SEOUL – Hyundai Santa Fe edisi 2019 akan memiliki fitur canggih lain yaitu Smart Fingerprint (sensor sidik jari).

Hyundai, melalui situs resmi mereka, belum lama ini mengumumkan bakal menyematkan sensor sidik jari pada Santa Fe 2019 yang akan dirilis pada kuartal pertama. Mereka mengklaim sebagai pabrikan pertama yang menggunakan fitur ini di industri otomotif.

Sensor sidik jari akan terletak pada gagang pintu maupun di sisi samping kanan setir. Fitur canggih tersebut membuat pemilik kendaraan dapat membuka kunci pintu atau menyalakan mesin dengan hanya menempatkan jari mereka di atas sensor.

Teknologi ini juga mampu mengingat setelan posisi menyetir milik empunya. Kendaraan bakal menyesuaikan posisi kursi maupun sudut kaca spion secara otomatis sesuai preferensi pemilik.

“Di masa depan, Hyundai Motor berencana memperluas pengaplikasian fitur sensor sidik jari agar bisa menyesuaikan secara otomatis temperatur kabin, posisi setir, serta banyak fitur lain sesuai selera pengemudi. Ini pastinya bakal menawarkan pengalaman berkendara berkualitas untuk para konsumen Hyundai,” ucap Albert Biermann, President and Head of Research and Development Division Hyundai Motor Company.

Santa Fe generasi terbaru yang meluncur di pasar global pada awal 2018 sendiri sudah merupakan SUV canggih dan mempunyai beragam fitur pertama di industri otomotif, seperti misalnya Rear Occupant Alert. Sayang, ketika meluncur di Indonesia pada Agustus kemarin, fitur-fitur pertama di dunia ini tidak diikutsertakan. Belum diketahui apakah sensor sidik jari kelak dibawa ke Tanah Air.

Jamin Keamanan
Hyundai menjamin keamanan sensor sidik jari di Santa Fe 2019. Fitur ini menurut mereka mempunyai capacitance recognition yang bisa mendeteksi sidik jari salinan atau sidik jari palsu yang dipakai seseorang.

Peluang sensor sidik jari Hyundai salah mengenali kepunyaan orang lain adalah 1 banding 50 ribu. Ini membuatnya lima kali lebih efektif ketimbang kunci konvensional atau smart key sekali pun.

Sistem sensor sidik jari juga akan terus diperbarui lewat fitur Dynamic Update. Hyundai berencana mengaplikasikannya secara bertahap ke model-model mereka di pasar global. Kendati begitu, tidak disebutkan model terdekat setelah Santa Fe yang nantinya menggunakan fitur tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar