Hyundai Palisade, SUV Kokoh Bergaya Flamboyan

Review

Hyundai Palisade, SUV Kokoh Bergaya Flamboyan

JAKARTA – Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Palisade sebagai flagship SUV yang mengincar para konsumen berduit di Tanah Air.

Sebagai manufaktur mobil, Hyundai bukanlah pihak yang awam dalam memproduksi mobil-mobil mewah. Melalui brand Genesis, pabrikan asal Korea Selatan ini mampu menyajikan kendaraan mewah dan berkelas untuk kaum eksekutif.

Hyundai Palisade hadir sebagai SUV yang menawarkan berbagai macam kemewahan. Baik dari segi penampilan hingga dalam kabin, Palisade bertaburan fitur-fitur mewah yang akan memberikan kenyamanan pada konsumen.

Sejak diperkenalkan di Indonesia pertama kali, SUV tujuh penumpang ini sudah mengundang perhatian. Penerimaan masyarakat akan kendaraan ini juga dikatakan positif. Terbukti dalam waktu satu bulan, HMID mengatakan sudah menerima setidaknya 200 pesanan.
Hyundai Palisade test drive
Mobil123.com mendapat kesempatan untuk mencoba kendaraan bertubuh bongsor ini dengan jarak lebih jauh dan waktu lebih panjang. Acara media test drive yang diselenggarakan HMID fokus pada pembuktian kenyamanan dalam kabin kendaraan.

Selain itu, kami juga bisa mengeksplorasi kemampuan mesin yang notabene mirip dengan produk sebelumnya yakni Santa Fe. Perjalanan kami dimulai dari Senayan, Jakarta Pusat menuju daerah Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya.

Eksterior

Secara dimensi pernah kami bahas sebelumnya, bahwa Palisade memaksimalkan batas akhir sebagai kendaraan penumpang yakni panjang 5 meter. Panjang keseluruhan kendaraan ini mencapai 4.9 meter dengan lebar 1.9 meter. Dengan dimensi sebesar ini, Palisade dengan mudah terlihat lebih bongsor dari SUV lain yang kerap beredar di jalan-jalan Tanah Air.

Jika dibandingkan dengan SUV sekelasnya, mobil buatan Korea Selatan ini terlihat lebih flamboyan. Meskipun masih ada sisi maskulin yang ingin ditampilkan, namun berbagai aksen krom dan penempatan lampu seolah menegaskan aura elegan pada kendaraan.

Bentuk bodinya yang boxy ditambah lekuk-lekuk tubuh tegas, memberikan aksen atletis ditambah lagi dengan siluet-siluet yang kian menebalkan aura kemewahan.

Interior

Kabin dari Hyundai Palisade menyuguhkan kemewahan ala mobil-mobil Eropa. Bahan jok depan maupun belakang yang lembut dan membuat nyaman setiap perjalanan. Sebagai kendaraan flagship, tentunya fitur yang ditawarkan cukup berlimpah. Konsumen akan dimanjakan dengan deretan tombol pengaturan kendaraan.

Bahkan yang terlihat berbeda dengan kendaraan lainnya adalah tuas transmisi yang berganti dengan tombol di konsol bagian tengah. Akan membutuhkan kebiasaan terlebih dahulu saat mengendarai Palisade untuk pertama kalinya.
Hyundai Palisade
Kendaraan ini memiliki fitur yang tidak biasa di Indonesia. Hyundai Palisade dibekali dengan penghangat dan pendingin jok. Tombol yang terletak di konsol tengah ini akan memberikan hembusan udara panas atau dingin sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebagai kendaraan modern, Palisade juga dibekali fitur USB socket di berbagai tempat. Hal ini untuk memudahkan pengguna kendaraan maupun penumpang untuk bisa tetap terhubung, tanpa khawatir kehabisan daya.

Penumpang di baris kedua bisa menikmati perjalanan lebih nyaman karena duduk di atas jok model captain seat. Meskipun dikatakan sebagai mobil keluarga, namun duduk di jok model captain seat akan memberikan kesan lebih nyaman.

Pada versi termahalnya, Hyundai Palisade memiliki enam mode berkendara. Tiga tambahan modenya adalah Mud, Sand dan Snow. Mode yang terakhir disebut meskipun tidak cocok untuk diterapkan di negara tropis seperti Indonesia, namun tetap dipertahankan. Hal ini karena kendaraan merupakan produksi global dan diimpor secara utuh ke Tanah Air.

Fitur keselamatan yang juga berperan untuk memberikan kenyamanan berkendara cukup lengkap. Sebut saja Blind spot collision warning, Safe exit Assist, 6 airbag, dan Rear cross traffic collision warning. Fitur-fitur tersebut di atas, membantu pengendara agar terus konsentrasi di jalan.

Mesin

Hyundai Palisade yang ditawarkan di Indonesia hanya mengusung 1 pilihan mesin yakni diesel 2.2-L. Sementara pilihan mesin bensin tidak dimasukkan karena alasan besaran pajak yang akan membebani konsumen.

Kendaraan ini menggunakan mesin 2.199 cc CRDi yang mirip dengan Santa Fe. Meskipun Palisade memiliki bodi lebih bongsor, namun besaran tenaganya yang diklaim lebih besar daripada Santa Fe. Disebutkan bahwa Palisade memiliki daya maksimum 197 hp pada 3.800 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 440 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm.
Hyundai Palisade Kokoh
Adapun pada prakteknya, kami merasakan besaran tenaga Palisade cukup tertahan bodinya yang besar. Jeda dari turbo yang disematkan pada mesin juga cukup terasa, sehingga urusan akselerasi, pengendara harus menemukan momentum yang tepat untuk mendapatkan tenaga maksimal.

Setidaknya untuk berkendara harian, tenaga yang disodorkan oleh Palisade sudah lebih dari cukup. Rangka monokok yang diusung kendaraan ini membuat pengendalian saat bermanuver lebih stabil, gejala limbung juga bisa diminimalisir.

Frame monokok memiliki satu kekurangan yakni tidak bisa menahan guncangan saat kendaraan masuk ke jalanan tidak mulus. Berbeda dengan kendaraan berbasis rangka ladder yang lebih halus saat menempuh medan berbatu.

Kesimpulan

Menempuh jarak perjalanan lebih dari 100 kilometer, nampaknya masih belum cukup mengeksplorasi seluruh kemampuan yang ditawarkan kendaraan. Fitur-fitur yang menjadi unggulannya tidak bisa kami nikmati secara maksimal.

Selain itu, kami tidak mencoba unit tipe termahal, sehingga tidak bisa merasakan setidaknya dua mode berkendara unggulannya yakni Mud dan Sand. Selain itu, kami juga mengendarai SUV berpenggerak roda depan sehingga setiap menginjak pedal gas lebih dalam lebih terasa seperti ditarik. Sementara varian teratasnya diketahui sudah menggunakan penggerak all-wheel drive.

Meskipun terlihat kokoh dari segi penampilan, namun sebenarnya performa kendaraan ini tidak terlalu beringas. Palisade memang cocok untuk keluarga Indonesia yang mencari nilai lebih dari sebuah SUV.

Hyundai Palisade dipasarkan mulai dari Rp 777 juta hingga 1.078 miliar. Varian terbawahnya cukup menggoda para pemilik SUV di segmen medium seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Nissan Terra. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar