Hyundai Masih Punya Kejutan Lain Setelah Santa Fe Facelift Tahun Ini

Berita Otomotif

Hyundai Masih Punya Kejutan Lain Setelah Santa Fe Facelift Tahun Ini

JAKARTA – Peluncuran model baru Hyundai tahun ini di Indonesia tak akan berhenti di Santa Fe facelift.

Santa Fe facelift mengaspal secara resmi di Indonesia melalui seremoni virtual pada 7 April 2021. Kisaran harga on the road Jakartanya adalah Rp569 – 729 juta.

‘Kejutan’ model baru Hyundai untuk pasar Indonesia pada 2021 tak berhenti sampai di situ.

Hyundai Santa Fe facelift 2021

“Pastinya ada dong (peluncuran model baru lain). Tapi, masalahnya, saya belum bisa cerita,” ucap Astrid Ariani Wijana selaku Head of Marketing Department PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam konferensi pers peluncuran dari SUV tersebut via aplikasi Zoom.

Secara total, Hyundai tahun ini sudah menghadirkan dan menjual dua model baru untuk pasar roda empat Tanah Air. Pertama adalah Kona EV facelift yang hadir tanpa gembar – gembor perayaan sejak Februari kemarin.

Hyundai Kona EV facelift 2021

Selanjutnya adalah Santa Fe facelift.

Sejak 2020, pabrikan asal Korea Selatan tersebut aktif di pasar melalui HMID, yang merupakan perpanjangan tangan langsung dari prinsipal mereka di ‘Negeri Ginseng’. Sebelumnya, bisnis Hyundai di negeri ini ditangani oleh distributor resmi PT. Hyundai Mobil Indonesia.

Sederet model yang hadir pada era HMID sejauh ini adalah dua mobil listrik murni Ioniq dan Kona EV, SUV Palisade, Kona EV facelift, plus Santa Fe facelift.

Hyundai Palisade 2021

HMID juga sedang membangun pabrik perakitan di Cikarang, Bekasi. Pabrik yang menjadi basis produksi model – model untuk pasar domestik serta ekspor ini sudah 90 persen rampung.

Kapasitas produksi terpasangnya di awal beroperasi adalah 150 ribu unit per tahun. Produksi pertama dilakukan pada akhir 2021, tapi perakitan sebagian besar model akan terjadi pada awal 2022.

Hyundai sudah menyiapkan total investasi USD 1,55 miliar hingga 2030 untuk terus memperbanyak kapasitas produksi hingga menjadi 250 ribu unit per tahun.

Model – model yang kelak dirakit di sana terdiri dari kendaraan konvensional maupun mobil listrik murni. Jenisnya beragam mulai dari sedan, SUV, MPV.

Salah satu model itu nantinya ialah MPV murah yang menjadi pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar