Hyundai Kona Berpeluang Jadi SUV dengan Mesin Turbo Terbesar di Indonesia

Berita Otomotif

Hyundai Kona Berpeluang Jadi SUV dengan Mesin Turbo Terbesar di Indonesia

JAKARTA - Hyundai Kona untuk pasar Indonesia hanya akan terdiri dari satu tipe mesin yang masih dirahasiakan. Namun, jika melihat trennya, bisa jadi itu adalah yang 1.6-liter turbo sehingga menjadi SUV dengan mesin turbocharger berkapasitas terbesar di Indonesia.

Kona dipastikan meluncur dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, akhir April mendatang. Compact sport utility vehicle (SUV) tersebut akan menjadi model baru pertama Hyundai pada tahun bershio babi tanah ini.

Rencana pabrikan asal Korea Selatan ini mendatangkan kompetitor Honda HR-V, Toyota C-HR, serta Mazda3 ini sebenarnya sudah terendus sejak awal tahun. Barulah pada Senin (1/4/2019) kemarin Hyundai mengadakan konferensi pers untuk mengonfirmasi hal tersebut, dengan embargo pemberitaan yang berakhir setelah sepekan.

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), mengatakan bahwa di pasar global Kona terdiri dari dua opsi mesin. Pertama adalah mesin bensin 1.6-liter turbo, sedangkan yang kedua ialah mesin bensin 2.0-liter.

“Untuk mesin, kami putuskan satu opsi mesin (untuk Indonesia),” tandasnya.

Sayang, Hendrik belum mau membeberkan spesifikasi mesin mana yang kelak dibawa. Sebagai perbandingan, HR-V yang menjadi pesaingnya di Indonesia bermesin 1.8-liter, demikian pula dengan C-HR.

Jika melihat tren medium SUV di Indonesia, bisa jadi yang dibawa adalah 1.6-liter turbo. Pasalnya, tren di segmen ini sudah bergeser dari dahulu 2.0-liter menjadi yang bermesin lebih kecil, bahkan sampai 1.5-liter turbo.

Sayang, ketika Mobil123.com menanyakannya Hendrik diam seribu bahasa.

“Nanti tunggu di IIMS, saja ya. Untuk turbo pun enggak ada masalah sebenarnya. Saya rasa dengan bahan bakar yang sekarang, SPBU swasta juga sudah ada, sudah semakin baik,” tandasnya.

Yang tak kalah menarik adalah jika jadi menggunakan mesin 1.6-liter turbo, Kona bakal dilengkapi dengan mesin turbo berkapasitas terbesar di kelas SUV. Karena mulai dari Honda CR-V, DFK Glory 560 dan 580 serta Wuling Almaz menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.5-liter. Namun urusan performa plus konsumsi bahan bakar masih perlu dibuktikan kemudian hari.

5 Pilihan Warna
Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Hyundai di Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya membawa cukup banyak pilihan warna. Ada lima yang bisa menjadi opsi bagi konsumen yakni hitam, putih, merah, hijau stabilo, dan abu-abu.

“Orang Indonesia masih cenderung konservatif. Warnanya tak jauh dari putih, hitam, merah, dan silver yang dominan. Selebihnya tentu ada warna-warna unggulan untuk Kona nanti. Kami masukkan juga warna hijau stabilo,” pungkas Hendrik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support