Hyundai Singgung Rencana MPV dan SUV untuk Indonesia

Berita Otomotif

Hyundai Singgung Rencana MPV dan SUV untuk Indonesia

JAKARTA – Hyundai sudah menyiapkan model – model baru di dua segmen terfavorit Indonesia saat ini, multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Hyundai, mulai Jumat (6/11/2020), memulai pergerakan pertama mereka di bawah agen pemegang merek baru yaitu PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mereka mengawalinya dengan meluncurkan dua mobil listrik murni, Ioniq serta Kona EV.

Keduanya saat ini menjadi mobil listrik termurah di Indonesia. Ioniq berharga on-the-road Jakarta Rp 624,8 juta dan Rp 664,8 juta.

Kona EV, di sisi lain, hanya terdiri dari satu varian. Adapun harga OTR Jakarta Kona EV adalah Rp 674,8 juta.


Makmur, Managing Director HMDI, mengatakan bahwa mereka pun masih menjual mobil – mobil bermesin konvensional. Ada dua SUV yakni Santa Fe dan Kona bermesin konvensional.

Mereka sekarang juga punya satu model MPV. Adapun modelnya adalah H-1.


Makmur kemudian menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sangat melek teknologi. Ini, lanjut dia, sangat cocok dengan produk – produk mereka miliki.

“Kami lihat fokusnya di Indonesia ini adalah ke produk – produk MPV dan SUV. Kami juga sudah menyiapkan produk – produk yang berteknologi tinggi dan MPV dan SUV,” beber dia.

Hyundai sendiri kini sedang membangun pabrik di Cikarang, Bekasi dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun. Pada akhir 2019, sempat diberitahukan bahwa model – model yang kelak dirakit di sana adalah MPV kompak, SUV kompak, plus hampir pasti mobil – mobil listrik.

Makmur, dalam konferensi pers Ioniq dan Kona EV, menjelaskan Hyundai akan mengikuti persyaratan pemerintah mengenai produksi lokal mobil listrik, untuk mendapatkan insentif. Namun, ia belum memberitahu kapan mobil listrik Hyundai mobil dirakit di Cikarang sebagai basis produksi pertama merek asal Korea Selatan ini di Asia Tenggara.

“Pada dasarnya kami pasti akan mengikuti aturan pemerintah. Jadi kami akan lihat perkembangannya nanti,” tandas dia.

Kapasitas produksi pabrik Hyundai Cikarang akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga akhir menjadi 250 ribu unit per tahun. Untuk melakukan ini, Hyundai sudah mempersiapkan total investasi USD 1,55 miliar hingga 2030. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar