Hyundai Indonesia Ungkap Alasan Bikin Diler di Mal, Efektif kah?

Berita Otomotif

Hyundai Indonesia Ungkap Alasan Bikin Diler di Mal, Efektif kah?

TANGERANG - Di antara ratusan diler Hyundai di Indonesia, ada yang berlokasi di dalam mal. Outlet-outlet bernama Hyundai City Store itu cara Hyundai ‘jemput bola’ menghampiri para calon konsumen.

Chief Operating Officer (COO) PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengatakan Hyundai City Store merupakan inovasi mereka untuk lebih mendekat kepada para pembeli potensial. Apalagi, menurut dia, merek asal Korea Selatan itu ingin menjadi pabrikan mobil yang berorientasi pada konsumen.

“Kami menghargai waktu konsumen. Mereka pada saat jalan-jalan bersama keluarga, main ke mal, dapat sekaligus melihat produk Hyundai lebih dekat. Jadi, di situ lah kami berusaha mendekatkan diri kepada konsumen,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai seremoni pembukaan Hyundai City Store Supermall Karawaci, Tangerang, Senin (24/1/2022) kemarin.

Jumlah Hyundai City Store sendiri sejauh ini baru 10 persen dari total outlet mereka di seluruh Tanah Air.

“Dari 100 diler yang kami punya sampai saat ini, 10 di antaranya adalah City Store,” jelas Makmur.

Hyundai sendiri, sejak berada di bawah HMID, telah meluncurkan enam model sejak semester kedua 2020. Ada dua model mobil listrik (Kona dan Ioniq) EV, tiga SUV (Palisade, Santa Fe facelift, Creta), satu MPV (Staria).

Mereka juga telah membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang, Bekasi serta dalam proses mendirikan pabrik perakitan sel baterai di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik di Cikarang mulai beroperasi merakit Creta mulai bulan ini, sedangkan pabrik di Karawang masih dibangun dan baru beraktivitas komersial pada 2024.

Sangat Efektif

Mitra diler Hyundai menerangkan pengunjung harian Hyundai City Store mungkin tak terlalu banyak. Akan tetapi, saat ini konversi dari kunjungan menjadi pemesanan terbilang sangat efektif.

Sebagian besar orang yang sudah menyempatkan diri masuk ke Hyundai City Store adalah calon pembeli serius.

“Traffic-nya, katakan lah satu hari antara 10-20 orang. Tapi, dari jumlah itu, 80 persen di antaranya jadi. Ini pengamatan kami dari beberapa City Store kami yang sudah ada. Tidak bertele-tele,” papar COO PT. Gowa Modern Motor (GMM) Sigit Wahyu Anggoro dalam sesi wawancara.

Hingga Januari 2022, GMM telah bermitra membangun tiga Hyundai City Store. Selain di Supermall Karawaci, ada pula di Lotte Shopping Avenue, Jakarta dan Nipah Mall, Makassar.

GMM pun sudah berinvestasi mendirikan empat diler konvensional untuk Hyundai dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts/penjualan, servis, suku cadang). Pada Februari tahun ini, mereka beraksi lebih agresif dengan meresmikan 12 diler lagi di berbagai area di Indonesia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru berkualitas <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar