Hyundai H-1 Facelift Diklaim Lebih Ramah pada Pejalan Kaki

Berita Otomotif

Hyundai H-1 Facelift Diklaim Lebih Ramah pada Pejalan Kaki

JAKARTA – Hyundai H-1 facelift ternyata tak hanya lebih mewah dari sisi aksesoris maupun fitur kenyamanan, tapi juga lebih ‘ramah’ bagi pejalan kaki. Ini karena sisi depan dipermak dengan lebih memperhitungkan aspek penyerapan benturan.

H-1 facelift diperkenalkan pada Selasa (3/72018) di Jakarta, dengan peluncuran resmi yang baru bakal terjadi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada 2 – 12 Agustus di Serpong, Tangerang. Dalam pameran otomotif tersebut, harga multi purpose vehicle (MPV) high-roof pesaing Nissan Elgrand ini juga akan diumumkan.

Satu aspek menarik dari H-1 facelift ada pada peningkatan aspek keselamatan bagi para pejalan kaki. Pabrikan asal Korea Selatan ini mengklaim fascia depannya lebih menyerap benturan sehingga relatif lebih aman bagi mereka, jika dibandingkan dengan H-1 versi lawas.

“Perubahan pada desain depan ini ditujukan untuk melindungi pejalan kaki,” aku Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja dalam konferensi pers.

Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno menambahkan bahwa semua aspek di fascia depan, mulai dari struktur sampai aksesoris-aksesoris baru, memperhitungkan hal tersebut. Ia menjelaskan perhatian pada keselamatan penumpang atau pun pejalan kaki memang semakin menjadi tuntutan yang mesti dipenuhi mobil-mobil kekinian.

“Kalau dulu, mobil tabrakan dan tidak kenapa-kenapa dikatakan aman. Kalau sekarang bukan begitu. Mobil tabrakan, kelihatan hancur, tapi kok orang yang ditabrak tidak kenapa-kenapa? Ini karena efek benturan diserap oleh mobil,” papar Mukiat.

Sebagai informasi, eksterior depan H-1 disegarkan lewat chrome-coated radiator berdesain horizontal, desain bemper depan yang beda, foglamp dengan  LED daytime running light, projection head lamp LED, desain baru pada electric outside folding mirror dengan LED side repeater, serta desain anyar alloy wheel berukuran ban 235/60/R17. Masih ada pula penyegaran pada sisi samping maupun belakang melalui side list chrome, rear spoiler dengan high-mount stop lamp, hingga rear combination lamp LED.

Interior H-1 facelift tak ketinggalan dipermak dengan tujuh poin perubahan. Ada tilt and telescopic with leather wrap steering wheel, Auto Light Control, pola jok kursi kulit baru, Audio 2DIN DVD plus Touch Screen Monitor, cooling glove box yang sekarang sudah jadi kelengkapan standar.

H-1 varian facelift XG serta Elegance atau pun XG punya fitur baru Second Row Swivel Seat yang memungkinkan bangku di baris tengah diputar 180 derajat. Adapun varian Royale dibubuhi Electric Ottoman Leather Seat.

Mesin tidak diutak-atik oleh Hyundai. H-1 facelift tetap memiliki dua pilihan sistem penggerak yakni mesin bensin 2.4 Mpi dan diesel 2.5 CRDi e-VGT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar