Hyundai Creta untuk Pasar Indonesia Disebut Tak akan Punya Versi 7-Seater

Berita Otomotif

Hyundai Creta untuk Pasar Indonesia Disebut Tak akan Punya Versi 7-Seater

TANGERANG – Hyundai Creta yang diproduksi dan dijual untuk pasar Indonesia disebut hanya berkapasitas lima penumpang (5-seater).

Merek asal Korea Selatan ini meluncurkan Creta dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November di Serpong, Tangerang.

SUV compact berkapasitas lima penumpang yang dijual dalam empat varian (Active, Trend, Style, Prime) ini akan menjadi model pertama yang dirakit di pabrik baru Hyundai di Cikarang, Bekasi mulai awal tahun depan.

Adapun rentang harga on the road (OTR) Jakarta dari SUV bermesin bensin 1.5-liter tersebut dimulai dari Rp279 juta sampai Rp399 juta. Pada kisaran harga ini, SUV compact lima penumpang yang menjadi lawan Creta antara lain Honda HR-V 1.5, Mazda CX-3 1.5 Sport, maupun Wuling Almaz 5-seater.

Hyundai Creta

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di media-media India, Creta untuk pasar ‘Negeri Hindustan’ bakal memiliki opsi tujuh penumpang (7-seater). Tapi, untuk pasar otomotif Tanah Air, dipastikan bahwa Creta hanya berkapasitas lima penumpang.

“Untuk Creta yang kami punya hanya 5-seater. Kami sudah punya perencanaan produk untuk model-model yang 7-seater maupun 5-seater. Sudah punya rencananya. Buktinya, kami punya Palisade dan juga Santa Fe (yang sama-sama 7-seater—Red),” ucap Chief Operating Officer PT. Hyundai Motors Indonesia Makmur menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers di sela-sela GIIAS 2021.

Ia tak membantah pasar mobil tujuh penumpang adalah yang terbesar di Indonesia, baik untuk MPV maupun SUV. Akan tetapi, pasar mobil SUV lima penumpang juga ia nilai menggoda.

“Kami sudah menganalisis pasar dan segmen (SUV) 5-seater dan itu pun besar. Ini menjadi perhatian kami juga,” pungkas mantan Sales Director dari Suzuki Indonesia tersebut.

Hyundai Creta

Creta berdesain eksterior mencolok, dengan gril depan yang mereka namakan sebagai Parametric Jewel. Selain itu, lampu belakang dengan desain bumerang pun tampak eksentrik karena seolah-olah terpisah menjadi tiga bagian yang berjauhan.

Fitur-fitur Creta pun relatif mewah maupun canggih. Ada, misalnya, Panoramic Sunroof, teknologi konektivitas Hyundai Bluelink serta teknologi bantuan pengemudian aktif Hyundai Smartsense. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar