Hyundai Creta Rakitan Indonesia juga bakal Dijual di Luar Negeri

Berita Otomotif

Hyundai Creta Rakitan Indonesia juga bakal Dijual di Luar Negeri

TANGERANG – Hyundai Creta rakitan Indonesia tak hanya menyasar pasar domestik, tapi juga pasar ekspor.

Diberitakan sebelumnya, Creta meluncur perdana di Tanah Air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November di Serpong, Tangerang. Namun, distribusi unit dari model seharga on the road (OTR) Jakarta Rp279-399 juta ini baru dilakukan mulai akhir Januari 2022.

Ini karena Creta baru diproduksi di pabrik baru Hyundai di Cikarang, Bekasi mulai awal tahun depan. Pesaing dari Honda HR-V 1.5 dan Wuling Almaz 5-Seater ini bakal menjadi model Hyundai pertama yang dirakit secara lokal.

Ternyata, menurut Chief Operating Officer PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, Creta juga akan diekspor ke luar negeri tahun depan. SUV lima penumpang berdesain unik ini nantinya menjadi model pertama Hyundai dari Indonesia yang dikapalkan ke negara-negara lain.

“Ini produk pertama yang dibuat di pabrik (Cikarang) dan selain untuk pasar Indonesia kami juga akan memberikannya untuk pasar luar negeri, sambil menanti produk-produk selanjutnya. Tunggu tanggal mainnya,” kata Makmur menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers di sela-sela GIIAS 2021.

Hyundai Creta

Sayangnya, mantan Sales Director PT. Suzuki Indomobil Sales ini belum mau membongkar daftar negara atau pun region yang nantinya menjual Creta produksi Tanah Air. Informasi tersebut menurutnya terkait strategi perencanaan produk dari masing-masing negara yang pastinya ingin dirahasiakan.

“Kami belum bisa membuka dulu (negara-negara tujuan ekspor Creta) karena itu adalah strategi dari masing-masing negara pengimpor untuk memublikasikannya,” lanjut Makmur.

Hyundai Creta

Sekadar mengingatkan, sejak beberapa tahun terakhir, bisnis Hyundai di Indonesia ditangani oleh prinsipal melalui HMID sebagai perpanjangan tangan. Di era baru ini, mereka langsung agresif membangun pabrik perakitan kendaraan bernilai 1,5 miliar dollar AS di Cikarang yang mulai beroperasi komersial pada 2022.

Bersama dengan LG, Hyundai juga mendirikan pabrik produksi sel baterai di Karawang, Jawa Barat dengan nilai investasi 1,1 miliar dollar AS. Pembangunan selesai 2023, tapi produksi massal baru dilakukan pada 2024.

Adapun model-model yang sudah diluncurkan HMID sejak 2020 adalah Hyundai Kona EV, Hyundai Ioniq EV, Hyundai Palisade, Hyundai Santa Fe facelift, Hyundai Staria, dan terakhir Creta. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar