Hyundai Casper, SUV Murah Baru yang Siap Meluncur Akhir 2021

Berita Otomotif

Hyundai Casper, SUV Murah Baru yang Siap Meluncur Akhir 2021

SEOUL – Informasi tentang Hyundai Casper, calon SUV murah baru pabrikan otomotif Korea Selatan itu, sudah sedikit diungkap sebelum peluncurannya terjadi.

Casper, seperti dikutip dari Carscoops, rencananya meluncur pada penghujung 2021 di ‘Negeri Ginseng’. Model berukuran kompak itu disebut-sebut bakal menjadi SUV entry-level alias SUV termurah dari Hyundai.

Sebelum resmi mengaspal, Hyundai sudah mengungkapkan sebagian kecil mengenai model yang jika masuk di Indonesia bisa saja ‘bentrok’ dengan SUV kompak lima penumpang macam Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, Nissan Magnite, maupun Renault Kiger.

Selain memublikasikan foto-foto, Hyundai menjelaskan nama Casper ternyata bukan berasal dari tokoh hantu kecil yang ada di kartun lawas. Nama itu terinspirasi dari salah satu teknik skateboard yang dicipta oleh Bobby ‘Casper’ Boyden pada era 1970-an.

SUV kompak murah Hyundai Casper

Dimensinya sendiri sebenarnya diekspektasikan lebih kecil daripada Raize, Rocky, Sonet, Magntite, serta Kiger. Bahkan, kalau melihat ukurannya, Casper bisa pula bersilangan jalan dengan city car bernuansa SUV seperti Suzuki Ignis.

Panjang Casper dilaporkan hanya 3.595 mm dengan lebar maupun tinggi masing-masing 1.595 mm dan 1.575 mm.

Sementara itu, panjang sumbu roda (wheel base) Casper ialah 2.400 mm.

Soal dapur pacu, model yang dibangun di atas platform yang sama dengan Hyundai i10 dan Kia Picanto ini diekspektasikan oleh media lokal bakal bersenjatakan dua opsi mesin bensin untuk pasar Korea Selatan. Ada 1.0-liter MPI naturally aspirated dan 1.0-liter turbocharged T-GDI.

SUV kompak murah Hyundai Casper

Media setempat juga menduga Casper akan hadir dalam varian-varian berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Kita tunggu saja informasi-informasi selanjutnya yang sedikit demi sedikit bakal dilepas oleh Hyundai menuju waktu peluncuran.

Isunya, produksi Casper di Korea direncanakan berlangsung tak lama dari sekarang yakni pada 15 September. Isu lainnya mengatakan Casper akan dijual di India dengan opsi mesin bensin tambahan yang berkapasitas 1.2-liter Kappa MPI, empat silinder.

Sejauh ini, tidak ada rumor mengenai rencana peluncurannya di Indonesia. Namun, jika kelak masuk ke sini, segmen SUV murah pastinya makin meriah. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar