Pabrik Cikarang Belum Rampung, Hyundai Sudah Bantu Jabar Rapid Test Corona

Berita Otomotif

Pabrik Cikarang Belum Rampung, Hyundai Sudah Bantu Jabar Rapid Test Corona

JAKARTA – Pabrik Hyundai di Indonesia belum juga selesai dibangun, namun mereka sudah membantu pemerintah provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam penanggulangan virus Corona (Covid-19).

Seperti diketahui, Hyundai saat ini sedang membangun pabrik di Cikarang, Bekasi. Calon basis produksi pertama Hyundai di Asia Tenggara ini mulai dibangun pada Desember 2019 dan rencananya akan selesai dibangun dan beroperasi pada paruh kedua 2021.

Pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut sudah menegaskan pembangunan tetap berlanjut di tengah pandemi virus Corona. Pandemi ini sendiri baru diketahui masuk Indonesia saat pemerintah mengumumkannya pada 2 Maret 2020.

Di tengah semua kondisi tersebut, Hyundai, melalui keterangan resmi pada Jumat (24/4/2020) malam, mengumumkan bantuan rapid test (test cepat) dengan metode Drive-Thru kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar. Donasi berupa ragam jenis peralatan plus tenda untuk mendirikan klinik pop-up rapid test Drive-Thru sudah diserahkan kepada pemprov.

Sebelumnya, pada 21 April kemarin, Hyundai telah terlebih dahulu selesai membangun instalasi rapid test di Tambun, Bekasi. Lokasinya tak terlalu jauh dari pabrik mereka di Cikarang.

Lebih lanjut, dalam seremoni dengan Pemprov Jabar, Hyundai juga mendistribusikan 10 ribu set Alat Perlindungan Diri (APD) yang terdiri dari pakaian medis, masker, serta sarung tangan. Ini merupakan bagian dari donasi 50 ribu set APD yang diserahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal bulan ini.

Prosesi serah terima dilakukan langsung oleh , Yoon Seok Choi, President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Seok Choi, di dalam acara, mengatakan dirinya memahami pemeriksaan berskala besar yang praktis sama pentingnya dengan memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

“Meskipun pabrik Hyundai masih dalam tahap pembangunan, HMMI tetap berupaya menerapkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan memenuhi kewajiban sosialnya melebihi dari  tanggung jawab hukum dan ekonomi,” ucap dia.

Tes cepat dengan metode Drive-Thru  dapat melakukan pemeriksaan dalam skala besar dan berlangsung sekitar 10 menit per orang. Metode ini telah sepenuhnya mengikuti instruksi pemerintah Indonesia.

Metode tes drive-thru tetap mendukung   physical distancing dan penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Tes juga melindungi tenaga medis dari kontak fisik.

"Kami harap tes inovatif ini akan menjadi metode yang efektif dalam mengidentifikasi virus corona seperti yang berhasil dilakukan di Korea Selatan sebelumnya," kata Ridwan Kamil. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar