Hyundai Akan Jual 1.000 Truk berbahan Bakar Hidrogen

Berita Otomotif

Hyundai Akan Jual 1.000 Truk berbahan Bakar Hidrogen

SEOUL — Hyundai menandatangani kesepakatan dengan perusahaan hidrogen Swiss yaitu H2 Energy.

Dalam kesepatakannya tersebut, Hyudai akan menjual sedikitnya 1.000 truk bertenaga hidrogen di Swiss dalam lima tahun mendatang. Truk ini merupakan hasil pengembangan bersama antara Hyundai dengan Toyota dan akan mulai mensuplay pada akhir tahun 2019.

Kerjasama ini tentunya menarik karena itu berarti truk Hyundai akan menjadi alternatif dari kendaraan listrik yang selama ini dikembangkan oleh Tesla dan Daimler. Potensi pada pasar tersebut pun terbilang cukup terbuka karena bagaimana pun juga kendaraan listrik masih perlu pengembangan.

Mark Freymueller, Commercial Vehicle Director Hyundai mengatakan bahwa truk yang mereka miliki memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah jarak tempuh yang jauh yaitu mencapai 400 km bila tangki terisi penuh.

‘Kami tidak berencana untuk hanya menjual 1.000 kendaraan kemudian menghentikan bisnis. Kami berharap akan lebih banyak lagi di masa depan,” ungkapnya optimis.

Meski optimis, namun Ia tidak menampik tantangan dari kendaraan hidrogen. Salah satu masalah terbesarnya adalah kurangnya infrastruktur termasuk stasiun pengisian hidrogen. Diperlukan banyaj investasi untuk dapat menyelesaikan hal ini.

Hyundai Motor pertama kali meluncurkan Tucson Fuel Cell di tahun 2013 kemudian disusul oleh Hyundai Nexo beberapa waktu lalu. Total mereka telah menjual 1.140 kendaraan Feul Cell. Sementara itu, Toyota yang hanya mengandalkan Toyota Mirai sejak 2014 telah berhasil menjual sebanyak 6.700 unit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual