Hyundai akan Beli FCA

Berita Otomotif

Hyundai akan Beli FCA

‎AUBURN HILLS - Hyundai dikabarkan akan mengambil alih Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Pengambilalihan ini dikonon akan dilakukan sebelum rapat pemegang saham tahunan di bulan Mei 2019. Pada bulan tersebut Sergio Marchionne, Chief Executive FCA akan pensiun dan membuat harga saham FCA akan menurun.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari Hyundai. Namun bila benar membeli FCA, maka Hyundai akan mendapat beberapa keuntungan, seperti mendapatkan jaringan dealer Chrysler dan Jeep yang telah tersebar.

Ini bukan pertama kali FCA dikabarkan akan diambilalih kepemilikannya. Sebelumnya, Marchionne telah melobi General Motors di tahun 2015 namun tidak ada titik temu dan hal serupa terjadi pada Volkswagen.

Marchionne sendiri sebenarnya sudah berulang kali menekannya perlunya perusahaan mobil bergabung untuk mengurangi kelebihan kapasitas. Tak hanya itu, Ia juga menilai bahwa lebih baik melakukan investasi pada kendaraan otonom dan listrik.

Meski pengambilalihan FCA oleh Hyundai terbilang masih belum jelas, namun ada beberapa orang yang diperkirakan akan mendukung merger ini. Salah satunya adalah Paul Singer, pricipal dari Elliott Management yang memiliki saham kepemilikan sebesar USD 1 miliar di Hyundai dan pemilik sebagian besar dealer Fiat di Italia.

Selain itu, ada juga John Elkann, salah satu pemilik saham FCA yang memiliki pandangan serupa dengan Marchionne yaitu pentingnya melakukan merger dengan perusahaan kendaraan lain. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar