Hyundai akan Bekali Mobil-mobilnya dengan Fitur Canggih

Berita Otomotif

Hyundai akan Bekali Mobil-mobilnya dengan Fitur Canggih

LAS VEGAS - Hyundai terus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Hyundai juga akan membekali mobil-mobilnya dengan fitur seperti pengenalan suara, kontrol gerakan tangan, dan alat nirkabel.

Teknologi canggih ini akan ditampilkan Hyundai di Consumer Electronics Show (CES) pada 6-9 Januari 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat. Adanya teknologi ini dijelaskan Hyundai bakal meningkatkan pengalaman berkendara bagi para pelanggannya di masa depan.

Hyundai mengemasnya dalam paket Augmented reality Head Up Display (HUD) atau informasi yang tampil di kaca depan, Future Connectivity dan Rear Seat Entertainment System & Connectivity (Konektivitas Masa Depan dan Hiburan di Kursi Belakang dan Konektivitas).

Selanjutnya 3D Gesture Controls atau memilih navigasi, infotainment, audio lewat gerakan tangan. Yang terakhir yakni Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) atau teknologi untuk menghindari kecelakaan.

Adapun teknologi HUD akan memberikan informasi jalan di depan berupa animasi di kaca depan. Teknologi yang ditemukan pada 2015 ini termasuk informasi kendaraan seperti Smart Cruise Control, navigasi, pendeteksi blind spot, Forward Collision Alert (mengawasi seberapa dekat kendaraan Anda dengan kendaraan lain di depan Anda), dan lane departure warning atau peringatan kepada pengemudi ketika mobil pindah jalur.

Menariknya, Hyundai menambahkan sebuah gelang pengemudi. Gelang yang terkoneksi dengan dengan sistem HUD tersebut akan bergetar ketika mobil keluar jalur. Bahkan gelang ini bisa mendeteksi detak jantung. Jika detak jantung pengemudi bermasalah, secara otomatis sistem akan menelepon 911.

Sementara Konektivitas Masa Depan dan Hiburan di Kursi Belakang dan Konektivitas adalah sebuah tablet yang tersemat di dashboard. Dari alat tersebut orangtua bisa memilih infotainment dan memastikan anak-anak mendapat tontonan menarik atau mendengar lagu sehingga mereka tidak merasa bosan dan senang selama perjalanan.

Dan untuk teknologi masa depan 3D Gesture Controls di kokpit bisa memastikan pengendara dapat melakukan control infotainment, audio, HVAC, dan fungsi konektivitas bahkan smartphone hingga memilih navigasi dengan menggerakkan tangan. Teknologi ini menggunakan sensor yang cukup akurat. Teknologi ini menjaga pengendara lebih fokus dan aman di jalan.

Yang terakhir adalah ADAS. Hyundai mencoba membuktikan diri sebagai produsen yang mengutamakan keselamatan bagi para konsumennya. Sebab teknologi ADAS terbagi dalam beberapa fitur yakni remote auto parking atau mobil parkir sendiri.

Selain itu ada teknologi yang disebut sebagai V2X. Fitur ini terbagi 3 mode yakni mobil yang terhubung dengan pejalan kaki, mobil yang terhubung dengan infrastruktur jalan dan mobil yang terhubung dengan mobil lain. Masing-masing mode ada fungsinya seperti mobil yang terhubung dengan pejalan kaki -- kendaraan akan mengeluarkan suara dan melakukan rem otomatis bekerja ketika ada pejalan kaki yang mendekati mobil Hyundai. Namun tujuan dari teknologi untuk menghindari tabrakan.

Teknologi V2X juga termasuk teknologi Highway driving assist. Sistem ini akan mencakup Distance/speed control, Lane guidance control, Automatic speed adjustment, Emergency stop. Teknologi ini juga disokong dengan Narrow path assist atau membantu pengendara di jalan sempit. Kendaraan akan mengeluarkan suara dan secara otomatis mengontrol pergerakan lateral (menghindar). Teknologi mutakhir lainnya yakni menjaga kecepatan pada kondisi tertentu di jalan raya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual