Hyundai Ajak Perusahaan Amerika Kembangkan Baterai Kendaraan

Berita Otomotif

Hyundai Ajak Perusahaan Amerika Kembangkan Baterai Kendaraan

MASSACHUSETTS - Hyundai mengumumkan keputusannya untuk melakukan investasi di Amerika untuk pengembangan baterai mobil.

Investasi tersebut akan diberikan pada Ionic Materials yang sedang mengembangkan solid electrolyte polymer pada baterai. Solid electrolyte polymer diklaim cocok untuk menggantikan liquid electrolytes yang umum digunakan pada baterai lithium-ion.

Investasi yang dilakukan Hyundai ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatakan upaya produsen mobil untuk menghasilkan baterai solid-state. Baterai jenis ini memang diyakini cocok sebagai baterai mobil karena mampu menyimpan daya tiga kali lebih besar ketimbang baterai konvensional.

Hyundai sendiri bukanlah produsen mobil pertama yang melakukan pengembangan ini. Toyota juga telah mengembangkan baterai solid-satet sendiri dan akan diaplikasikan pada mobil produksi mereka pada tahun 2022.

Sementara itu Honda Nissan, BMW dan VW juga dikabarkan telah mengembangkan teknologi baterai yang serupa. Banyaknya produsen otomotif yang berlomba untuk mengembangkan baterai menunjukkan bahwa mobil listrik ke depan akan  semakin berkembang lebih cepat.

Namun dari semuanya, langkah Hyundai terbilang cukup berani. Pasalnya, Hyundai lebih memilih untuk mengembangkan teknologi bersama Ionic Materials dari Amerika ketimbang mengajak perusahaan asal korea yang memiliki reputasi lebih baik seperti LG. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual