Honda X-ADV 2021 Makin Kokoh dan Bertenaga

Berita Otomotif

Honda X-ADV 2021 Makin Kokoh dan Bertenaga

JAKARTA – Honda membuka selubung X-ADV 2021 yang mendapat beberapa sentuhan pada tampilan dan juga kemampuan mesinnya.

Secara sekilas X-ADV tampil sama saja dengan generasi sebelumnya. Namun jika ditilik lebih dalam, motor petualang bertampang sangar ini kian agresif. Ubahan paling kentara dapat dilihat pada bentuk lampu depan, airscoop dan bodi bagian tengahnya.

Dikatakan bahwa Honda X-ADV mengalami penyusutan bobot hingga 3 kilogram dibandingkan pendahulunya. Pengembangan motor skutik petualang ini fokus pada tenaga yang dihasilkan lebih besar, namun tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Sejatinya mesin yang digendong oleh X-ADV masih seperti sebelumnya. Jantung mekanisnya berkapasitas 745 cc dua-silinder berpendingin cairan. Sumber daya kendaraan ini dipercaya mampu menghasilkan daya 57.8 hp pada 6.750 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 69 Nm pada 4.750 rpm. Output mesinnya terbilang naik 4 hp dibandingkan pendahulunya.

Honda mengatakan bahwa produknya ini telah mengantungi standar emisi EURO5. Namun dengan revisi intake dan exhaust, mesin kendaraan roda dua jenis petualangnya mampu meraung hingga 7.000 rpm.
Honda X-ADV 2021
Output mesin X-ADV kemudian disalurkan melalui sistem transmisi DCT atau mereka menyebutnya kopling ganda enam-percepatan. Untuk mode manual proses perpindahan gigi bawah (satu, dua dan tiga) disempurnakan melalui tombol yang sudah direvisi. Sementara rasio atas (empat, lima dan enam) dibuat lebih besar untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Honda X-ADV dibekali throttle ride by wire, sehingga pengendara dapat memilih salah satu dari lima mode berkendara yakni Standard, Sport, Rain, Gravel dan User. Dalam empat mode pertama, penyaluran tenaga, pengereman mesin, kontrol traksi dan ABS memiliki setting dari pabrikan. Sementara mode User, pengendara dibebaskan mengatur parameter pengendaraan sesuai keinginan mereka dengan kontrol traksi memiliki tiga tingkat dan dapat diganti.

Honda X-ADV memiliki rangka baru yang lebih ringan 1 kg dari sebelumnya. Ruang penyimpanan di bawah jok lebih besar dengan kapasitas 22 liter.

Kemudahan berkendara lainnya termasuk smart key, Emergency Stop Signal (ESS) yang mengedipkan lampu hazzard saat pengereman keras dan lampu sein yang bisa mati sendiri setelah berbelok. Bahan bakar dibawa dalam tangki 31,2 liter.
Spesifikasi Honda X-ADV 2021
Pelek 17 inci di depan dibalut dengan ban berukuran 120/70. Untuk daya pengereman, Honda X-ADV menggunakan rem dua piringan 296 mm dengan kaliper empat piston di depan. Suspensi upside down 41 mm menjadi andalan Honda X-ADV di bagian depan. Sementara di belakang, pelek 15 inci dibalut ban 160/60, ditambahkan rem cakram 240 mm dengan kaliper piston tungal dan suspensi monoshock. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar