Honda Siap “Duel” dengan Mitsubishi

Berita Otomotif

Honda Siap “Duel” dengan Mitsubishi

JAKARTA – Honda siap “berduel” dengan Mitsubishi di segmen LMPV artinya Honda Mobilio tak gentar hadapi Mitsubishi XM Concept atau yang bakal bernama Mitsubishi Expander.

Mitsubishi menebar ancaman pasar LMPV dengan mengenalkan Small MPV mereka yang memiliki desain revolusioner dan fitur andalannya. Namun hal ini tidak membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) gentar.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, pada awalnya akan ada kemungkinan perebutan konsumen. Namun pada akhirnya konsumen akan memilih kendaraan yang sesuai dengan selera masing-masing.

“Karena pasarnya secara total tidak tumbuh, awalnya pasti akan ada aksi tarik-menarik konsumen. Tapi kami yakin konsumen Honda punya pandangan berbeda mengenai mobil. Ada yang suka dengan model A dan ada yang suka dengan desain B, pasti akan berbeda,” kata Jonfis pada saat peluncuran new Honda Jazz.

Ia mengatakan dengan adanya pendatang baru, maka pasar yang justru akan bertambah besar. Dirinya menjelaskan bahwa berbekal strategi yang tepat, maka produk yang ditawarkan akan mampu bersaing di pasaran.

“Saya rasa tidak akan terjadi monopoli, justru pasar akan berkembang. Ini karena produk baru akan terus berdatangan. Sejak Honda mengenalkan empat model baru, market share terus naik. Harus ada strategi tepat, karena banyak juga mobil yang akan datang dan pergi,” ungkapnya kemudian.

Menurutnya dengan banyak bermunculannya model-model baru, maka setiap manufaktur akan berlomba-lomba dalam menghasilkan produk terbaik. Dalam hal ini konsumen yang akan diuntungkan.

Small MPV Mitsubishi hadir dengan harga mulai dari Rp 175 juta hingga Rp 246 juta. Kisaran harga tersebut mirip dengan LMPV Honda yakni Mobilio. Meskipun tidak seperkasa Toyota Avanza, mobil keluarga andalan HPM ini diyakini memiliki konsumen yang loyal dan berbeda dengan kompetitor.

Jika ingin unggul, Mitsubishi XM Concept versi produksi harus setidaknya melewati penjualan Honda Mobilio. Untuk diketahui, di tahun pertamanya, Mobilio mencatat angka sebesar 79.288 unit. Namun, di tahun kedua sebesar 42.932 unit (2015), dan di tahun ketiga 39.482 unit (2016). Dan pada 2017 rata-rata penjualan Honda Mobilio hampir 4.000 unit per bulan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual