Honda Merek Jepang Pertama Menang German Car of The Year, Ini Mobilnya

Berita Otomotif

Honda Merek Jepang Pertama Menang German Car of The Year, Ini Mobilnya

BERLIN – Honda baru saja mencatatkan rekor. Mereka menjadi merek Jepang pertama yang memenangkan gelar German Car of The Year 2021 berkat Honda e.

Honda e, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com akhir pekan ini, memenangkan dua gelar sekaligus di penghargaan German Car of The Year 2021. Selain menggenggam hadiah utama, mobil listrik mungil ini sebelumnya juga menjadi jawara untuk kategori New Energy (Kendaraan Energi Baru—Red).

Pemenang utama German Car of The Year 2021 dipilih dari para jawara di lima kategori. Selain New Energy, ada kategori Compact, Premium, Luxury, serta Performance.


Tiga dari empat pesaing Honda e adalah mobil – mobil dari merek Jerman. Ada Volkswagen Golf (pemenang kategori Compact), Volkswagen ID.3 (Premium), maupun BMW Alpina B3 (Performance).

Satu kompetitor lain yang memenangi kategori Luxury adalah mobil dari merek Amerika Serikat. Adapun modelnya ialah Polestar 2.

German Car of The Year 2021 dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para jurnalis mobil Jerman terkemuka. Panel juri di ajang ini menguji dan mengulas mobil terbaru kemudian mengurutkannya menurut kegunaan, karakteristik mengemudi, relevansi pasar, tingkat inovasi.

Honda e menjadi mobil dari pabrikan Jepang pertama yang ditahbiskan sebagai yang terbaik di ajang itu. Tentu saja, Honda pun menjadi merek mobil Jepang pertama yang memenangkan penghargaan.


 “Gelar Honda e sebagai mobil Jepang pertama yang dianugerahi German Car of the Year merupakan  kehormatan besar dan kami sangat bangga menerimanya. Honda e adalah contoh sempurna dari produk dengan desain unik, menampilkan teknologi mutakhir dan konektivitas yang cerdas dan canggih untuk membuat pemiliknya tetap terhubung dengan kehidupan sehari-hari. Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini,” kata Katsuhisa Okuda, CO & President of Honda Motor Europe.

Honda e diluncurkan pada awal 2020. Sedan mungil berdesain retro ini disebut sebagai model penting dalam komitmen Honda kendaraan terelektrifikasi.

Mereka sudah membuat Visi 2030. Tujuan utama dari visi ini adalah membuat dua per tiga kendaraan yang diproduksi dan dijual Honda pada 2030 adalah model – model dengan teknologi elektrifikasi.

Honda e adalah sedan retro mungil dengan radius putar hanya 4,6 meter. Sistem penggeraknya mengandalkan baterai lithium-ion 35,5 kWh.

Tenaga maksimalnya mencapai 152 hp, dengan torsi 315 Nm. Jarak tempuh dalam kondisi baterai terisi penuh 200 km.

Selain meraih German Car of the Year 2021, Honda e juga memenangkan Autocar’s Britain’s Best Car Awards 2020 dalam kategori Best Car Tech di Inggris. Baru-baru ini, Honda e juga dinobatkan sebagai City / Small Car of the Year pada News International Motor Awards 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar