Honda Masih Ogah Luncurkan Mobil Mesin Diesel

Berita Otomotif

Honda Masih Ogah Luncurkan Mobil Mesin Diesel

JAKARTA – Belakangan ini beberapa produsen otomotif Indonesia mulai meluncurkan mobil-mobil dengan mesin diesel. Namun PT Honda Prospect Motor (HPM ternyata enggan untuk ikut-ikutan melakukan langkah serupa.

PT HPM menilai bahwa saat ini mesin diesel masih belum bisa dijadikan andalan penjualan dikarenakan jenis bahan bakar yang lebih mahal dan jarang ada. Dengan pertimbangan tersebut, maka Honda belum ada rencana untuk meluncurkan mobil bermesin diesel, termasuk Honda CR-V.

“Dieseln tidak ada benefitnya untuk konsumen. Secara harga lebih tinggi, running cos lebih mahal. Jadi tidak ada benefitnya. Kalau dulu iya (lebih murah), saat masih menggunakan solar subsidi. Tapi sekarang? Tidak bisa (menggunakan solar subsidi),” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM

Tak hanya itu, Ia pun menambahkan bahwa mobil bermesin bensin terbilang masih nyaman. Bahkan mesin diesel yang dikatakan memiliki tenaga besar, tetap dapat dikalahkan oleh mesin bermesin bensin sekalipun.

“Dari kenyamanan, jauhlah (lebih nyaman bensin), tenaga juga menang bensin. Ini karena mesin bensin sekarang sudah memiliki teknologi baru dan bahkan sudah menggunakan turbo,” tambah Jonfis.

Mesin diesel yang belakangan ini telah digunakan untuk beberapa mobil baru memang harus menggunakan bahan bakar khusus. Sementara bahan bakar tersebut saat ini masih belum tersedia di seluruh SPBU baik milik BUMN maupun Swasta.

Harga dari bahan bakar tersebut pun terbilang lebih mahal ketimbang BBM non subsidi dengan ron 92. Dex misalnya, saat ini dijual oleh Pertamina dengan harga Rp 8.400 per liter yang lebih mahal dibanding Pertamax Rp 8.150 per liter. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support