Honda Malah Restorasi Chevrolet Tua untuk Rayakan HUT ke-60 di AS

Berita Otomotif

Honda Malah Restorasi Chevrolet Tua untuk Rayakan HUT ke-60 di AS

WASHINGTON D.C - Honda merayakan ulang tahun ke-60 di Amerika Serikat (AS) dengan merestorasi mobil tua milik merek lain.

Honda dikabarkan merestorasi Chevrolet Apache 10 keluaran 1961. Langkah ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang.

Sering kali, satu korporasi enggan menyuarakan soal korporasi pesaing apalagi jika hal itu dapat membawa dampak positif bagi pihak lawan. Tapi ternyata ada sejarah unik di balik cara Honda merayakan hari jadi mereka.

Pasalnya, Honda ternyata sedikit-banyak ‘dibantu’ oleh pabrikan asal ‘Negeri Paman Sam’ tersebut di masa-masa awal. Ini karena Honda, tak lama setelah eksis di AS, membeli armada pikap Chevrolet dalam jumlah kecil untuk mendistribusikan sepeda motor buatannya ke dealer-dealer seputar California Selatan.

Salah satu pikap itu masih terdokumentasikan dalam sebuah foto. Apache 10 produksi 1961, dalam gambar tersebut, terparkir di depan kantor pusat pertama Honda di AS.

Restorasi mobil lawas yang mereka pakai di awal usaha menjadi bentuk penghormatan bagi kendaraan yang dianggap memainkan peran penting selama masa-masa awal bisnis.

Lebih lanjut, restorasi mobil tua Chevrolet sendiri tidak mudah. Honda ingin agar truk yang nantinya mereka perlihatkan menjadi kreasi ulang otentik dari yang terlihat dalam foto.

Sebagai bagian dari usah, Honda pun melongok kembali arsip-arsip mengenai detail truk. Tak hanya itu, mereka sampai mewawancarai karyawan-karyawan Honda yang sudah pensiun.

Alhasil, warna putih sampai grafik pada bodi yang dikerjakan dengan tangan amat identik dengan aslinya. Honda, yang menemukan sebuah pikap setengah ton tua bermerek Chevy, juga memberikan penyegaran teknis ringan semisal mesin bensin 4.6-liter V8 yang memproduksi 160 hp plus transmisi manual tiga percepatan.

Diletakkan pula dua sepeda motor klasik Honda di atas baknya. Satu adalah Honda 50 1965, sedangkan lainnya merupakan Honda CB160 1965.

Pikap tersebut sekarang sedang dipajang di lobi kantor pusat Honda AS di Torrance, California. Pabrikan berlogo ‘H’ ini berencana pula memamerkannya di SEMA (Specialty Equipment Market Association) Show 2019 pada 6 - 8 November mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support