Honda dan GM Berkolaborasi Kembangkan Mobil Otonom

Berita Otomotif

Honda dan GM Berkolaborasi Kembangkan Mobil Otonom

CALIFORNIA - Honda akan menginvestasikan dana sebesar USD 2 miliar pada mobil otonom General Motors (GM), Cruise.

Kepastian ini muncul setelah Honda membayar sebanyak USD 750 juta untuk saham dalam proyek tersebut. Nantinya, Honda akan bekerjasama dengan GM untuk mendanai dan mengembangkan mobil otonom Cruise sehingga dapat diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan global.

“Ini akan menjadi sebuah kerjasama yang dapat membuat kami bergerak jauh lebih caman,” tutur Dan Ammann, GM President.

Selama ini, GM Cruise digambarkan sebagai salah satu mobil otonom dengan teknologi paling aktual. Dan sejauh ini, para produsen otomotif kebanyakan bersaing untuk mengembangkan mobil otonom yang kemudian dijadikan sebagai taksi online.

Keputusan Honda untuk berinvestasi pada GM terkait mobil otonom sendiri menunjukkan bahwa telah terjadi pengubahan budaya di dalam tubuh produsen otomotif asal Jepang. Selama ini Honda terus mengembangkan perfoma kendaraan mereka, namun kini justru lebih mengutamakan perfoma kendaraan listrik dan otonom.

Menariknya, yang melakukan investasi tidak hanya Honda. Hal ini dibuktikan dengan munculnya SoftBank sebagai salah satu investor pada GM Cruise. Bersama dengan Honda, SoftBank yang merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi dan media Jepang yang bergerak dalam penyediaan beberapa jasa seperti Internet, telekomunikasi seluler dan keuangan juga menyalurkan investasi sebesar USD 2,2 miliar.

Dengan bergabungnya Honda, GM dan SoftBank dapat membuat pengembangan kendaraan otonom lebih cepat dan mudah. Selain itu, mereka juga akan menjadi salag satu pimpinan dalam penggunaan mobil otonom di masa yang akan datang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar