Honda Jazz Kuasai Segmen Hatchback di Indonesia

Berita Otomotif

Honda Jazz Kuasai Segmen Hatchback di Indonesia

JAKARTA – Honda Jazz berhasil menjadi market leader di segmen Hatchback selama empat bulan berturut-turut.

Pada bulan Januari hingga April 2018 Honda Jazz terjual sebanyak sebanyak 4.176 unit atau setara dengan 34 persen dari total pasar hatchback di Indonesia. Jumlah ini pun jauh meninggalkan saudaranya sendiri yaitu Honda Civic Hatchback yang hanya terjual sebanyak 1.095 unit selama Januari – April 2018 dengan pangsa pasar 9%.

Meski menjadi pemimpin di segmennya, Honda jazz bukanlah model terlaris Honda. Honda Brio Satya masih menjadi model terlaris Honda dengan penjualan sebanyak 16.644 unit dengan pangsa pasar 21% di segmen LCGC, sementara Honda Brio RS mencatat penjualan 4.563 unit dengan pangsa pasar 34% di kelas City Car.

Sedan Honda pun memiliki prestasi tersendiri. Honda Civic berhasil menjadi model terlaris di segmennya dengan penjualan 823 unit dan pangsa pasar 77%. Hasil baik juga ditorehkan Honda City yang market leader di segmennya dengan penjualan 364 unit dan pangsa pasar 76%. Honda Accord menyumbangkan penjualan sebanyak 56 unit dengan pangsa pasar 7% dan Honda Civic Type R sebanyak 10 unit dengan pangsa pasar 17%.

Sementara untuk segmen SUV, Honda HR-V 1.5L mencetak penjualan 10.830 unit dengan pangsa pasar 29%, sementara Honda HR-V 1.8L terjual 1.731 unit dengan pangsa pasar 8%. Sedangkan Honda BR-V terjual 1.254 unit dengan pangsa pasar 3% dan Honda CR-V yang membukukan penjualan 3.976 unit dan pangsa pasar 18%.

Sementara penjualan Honda Mobilio, meski telah dibantu dengan hadirnya Honda Mobilio Special Edition, namun penjualannya hanya mencapai 7.651 unit. Sedangkan Honda Odyssey berhasil terjual sebanyak 101 unit.

Secara keseluruhan, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah menjual 53.274 unit mobil sepanjang bulan Januari – April 2018 dengan pangsa pasar 13,5%.

“Performa penjualan kami di empat bulan pertama ini cukup stabil. Kami akan berusaha mempertahankan tren yang positif ini sekaligus terus memonitor kondisi pasar,” Jonfis Fandy sebagai Marketing and After Sales Service Director PT HPM. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual