Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Jawa Tengah Ajari Guru di Brebes Mengemudi Motor

Berita Otomotif

Honda Jawa Tengah Ajari Guru di Brebes Mengemudi Motor

BREBES – Astra Motor Jawa Tengah memperingati hari Pahlawan dengan memberi pelatihan aman berkendara pada 100 guru SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes.

Palatihan ini menjadi perhatian khusus dari Astra Motor karena lokasi sekolah berada di jalur utama pantai utara (pantura). Lokasi ini merupakan pelintasan utama di pulau Jawa dan dilalui oleh banyak kendaraan besar yang melaju dengan kecepatan tinggi.

“Posisi sekolah kami ada di jalur Pantura, dimana jalannya cukup lebar, dan lalu lintas selalu ramai. Bus serta truk bermuatan besar kerap melintas dengan kecepatan tinggi, sehingga kami harus mawas diri mengantisipasi dengan cara berkendara yang benar,” ungkap Kepala Sekolah SMKN 1 Bulakamba Slamet Riyadi M.Pd.

Seratus guru sekolah kejuruan kebanggaan masyarakat brebes tersebut diajarkan skill dasar aman berkendara secara bergantian pada satu hari penuh. Pelatihan aman berkendara ini menjadi pelatihan safety riding untuk guru dengan jumlah terbanyak yang pernah dilakukan oleh Honda Jateng.

Berbagai teknik berkendara pun dikenalkan, mulai dari teknik dasar seperti mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar serta memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh berad di posisi tepat saat berkendara.

Hingga ke teknik yang lebih pro seperti teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah & licin atau jalanan berliku. Kemudian, juga diajarkan teknik keseimbangan diatas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom course atau cara melakukan akselerasi serta handling kemudi dengan benar.

“Kalau dulu banyak pahlawan dan penerus bangsa gugur dalam perperangan, sekarang mereka gugur akibat kecelakaan lalu lintas, karena tidak taat dalam berkendara di jalan raya. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam berkendara dan meningkatkan keselamatan berkendara,” tutup Safety Riding Analyst Astra Motor Jateng Oke Desiyanto. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang