Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda HR-V, Mobil Terbaik Versi Wartawan

Berita Otomotif

Honda HR-V, Mobil Terbaik Versi Wartawan

JAKARTA - Honda HR-V sukses merebut predikat mobil terbaik 2015 versi wartawan setelah menndapat FORWOT Car of the Year 2015. Penghargaan ini diberikan oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kepada mobil terbaik yang beredar di Indonesia.

Berbeda dengan pelaksanaan FCY tahun sebelumnya yang melibatkan 45 mobil nominator, pada penyelenggaraan tahun ini FCY hanya berhasil menyaring 12 mobil terbaik di Indonesia dari 11 Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di dalam negeri.

Pemilihan nominator mobil terbaik FCY yang telah memasuki tahun kelima ini diambil berdasarkan mobil-mobil yang merupakan model benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan  periode 18 September 2014 hingga 09 Agustus 2015.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.

"Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2015. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra di acara Awarding FCY 2015 yang disponsori oleh GT Radial dan Adira Insurance, Rabu (12/8/2015).

Dari hasil penilaian para juri inilah, Honda HR-V terpilih sebagai yang terbaik dari yang terbaik dan berhak menyandang predikat FORWOT Car of the Year 2015, “Honda HR-V terpilih menyisihkan BMW Seri 2 Active Tourer, Mazda 2, Nissan Navara, dan Suzuki Celerio," sambung Gede Widiastra, Ketua Pelaksana FCY 2015.

Honda HR-V terpilih setelah mampu mengumpulkan point 186 menyisihkan Mazda 2 (156 point), BMW Seri 2 Active Tourer (108 point), Nissan Navara (nilai 107), dan Suzuki Celerio (nilai 68).

Indra berharap FORWOT Car of the Year mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif Nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air. 

Tentang FORWOT Car of the Year

FORWOT Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009.

Untuk menentukan satu pemenang FORWOT Car of the Year, dewan juri berasal dari 25 wartawan otomotif berbagai media Nasional yang bekerja keras memilih dari 5 finalis FORWOT Car of the Year setelah disaring dari jumlah total mobil baru (all new) yang dipasarkan di Indonesia dalam periode waktu tertentu yang telah ditentukan dewan juri.
 
Lima finalis dari nominator yang ada dipilih berdasarkan voting, yang kemudian dari hasil lima finalis FORWOT Car of the Year ini, setiap juri memilih kembali mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan di bidang otomotif. 

Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri (system scoring), setiap juri mendapat bekal 25 point yang harus dihabiskan untuk memilih mobil terbaik dari lima finalis FORWOT Car of the Year. Pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi. 

Ada pun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. 
Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang