Honda HR-V Dianggap Masih Kompetitif Meski Lama Tak Diperbarui

Berita Otomotif

Honda HR-V Dianggap Masih Kompetitif Meski Lama Tak Diperbarui

JAKARTA – Honda HR-V belum pernah mendapatkan ubahan model yang signifikan, sejak meluncur lima tahun lalu di Indonesia. Akan tetapi, Honda menganggap bahwa sport utility vehicle (SUV) ini masih kompetitif.

Sekadar mengingatkan, HR-V pertama kali meluncur di Nusantara pada 2015. Pada 2018, muncul HR-V dengan penyegaran minor pada aksesoris eksterior-interior yang dipertahankan hingga detik ini.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) menilai bahwa penerimaan pasar terhadap HR-V sejauh ini masih sangat bagus. Di tengah penurunan penjualan karena pandemi virus Corona (Covid-19), HR-V malahan menjadi model terpopuler kedua setelah Brio selama Januari – November 2020.


“Pada November kontribusi sudah 14,7 persen. Sepanjang Januari – November kontribusinya 16,3 persen. HR-V pada November sudah 1.095 unit dan Januari – Novembernya 11.334 unit. Dibandingkan tahun lalu memang masih di bawah 50 persen. Sekitar 45 persen, lah. Tapi ini kontributor terbesar kedua setelah Brio. Jadi penerimaan HR-V masih sangat bagus di pasar,” tukas dia dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Brio menjadi model terlaris pertama bagi Honda dengan raihan penjualan retail (dari dealer ke konsumen) dengan volume 36.744 unit. Di tengah melesunya penjualan banyak model kendaraan penumpang pada masa pandemi, Brio diklaim sebagai mobil terlaris di Tanah Air hingga bulan kemarin.


Transaksi jual-beli retail Honda pada 11 bulan tahun ini sendiri berjumlah 69.564 unit. Volumenya menurun sekitar 49 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year).

Honda sendiri tahun ini hanya meluncurkan satu model baru yaitu Civic hatchback RS pada Februari. Setelahnya, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut vakum merilis model anyar.

Yusak menyebut bahwa kedatangan pandemi membuat mereka harus merombak banyak rencana bisnis pada 2020. Peluncuran – peluncuran model baru Honda, termasuk HR-V, masih dipelajari dan bakal dilakukan dalam waktu yang mereka anggap tepat.

“Peluncuran mobil baru dilakukan dengan melihat kondisi pasar dan kebutuhakn konsumen. Kami pelajari terus segala line up yang ada dan apakah cocok dengan kebutuhan konsumen di Indonesia saat ini,” tandasnya. [Xan/Ari]

[Baca juga: Honda N-One, Honda Scoopy dan Honda City di Thailand]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar