Honda Hentikan Pengembangan Asimo

Berita Otomotif

Honda Hentikan Pengembangan Asimo

TOKYO - Honda resmi menghentikan pengembangan Asimo, robot yang menyerupai manusia. Meski demikian Honda mengklaim bahwa program robot masih akan terus dilanjutkan karena program Asimo dapat diterapkan pada produk lain seperti mobil otonom.

Proyek Asimo merupakan salah satu bagian dari program Advanced Step in Innovative Mobility Honda yang dimulai sejak 1986. Ketika itu, Honda menciptkan sepasang kaki yang disebut dengan Honda E0 kemudian terus berkembang dengan pesat.

Asimo pun pertama kali dikenalkan tahun 2000 dan terus berkembang hingga beberapa generasi. Pada generasi ketujuh, Honda pun menyematkan artificial intelligence sehingga robot dapat beriteraksi dengan manusia dan lingkungan sekitar.

Setelah itu, setiap penggantian generasi, Honda selalu menyematkan beragam fitur baru baik dari segi teknologi maupun tampilan yang dibuat lebih menyerupai manusia. Maka tidak heran bila Asimo sempat diharapkan dapat menjadi pengganti manusia untuk mengerjakan pekerjaan berbahaya.

Dengan akan disematkannya fitur-fitur Asimo di kendaraan Honda, maka bukan tidak mungkin nantinya kendaraan-kendaraan Honda bisa lebih menarik, mulai dari sepeda motor yang dapat menyeimbangkan diri secara otomatis hingga mobil otonom. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar