Honda Freed Bekas 2013 Ini Lebih Murah daripada Calya Baru

Mobil Bekas

Honda Freed  Bekas 2013 Ini Lebih Murah daripada Calya Baru

JAKARTA – Honda Freed bekas 2013 dengan transmisi otomatis dijual dengan harga cukup terjangkau. Sebagai perbandingan, harganya ada di bawah Toyota Calya yang masih baru.

Freed merupakan MPV kelas menengah yang sudah tak lagi dijual di Tanah Air sejak 2016. Meski begitu, Freed masih cukup dicari di pasar mobil seken. Di Mobil123.com sendiri secara total terdapat 1.090 iklan Freed bekas per Jumat (9/10/2020).

Salah satu iklan yang paling baru sekaligus paling menarik adalah Freed bekas 2013 tipe S AT yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta. Unit berwarna abu-abu ini diiklankan pada 9 Oktober 2020 dengan banderol luar biasa murah.


Bayangkan saja, harganya cuma Rp 129,8 juta. Sebagai komparasi, Harga barunya Calya sebagai MPV termurah saat ini saja, menurut situs resmi Toyota Indonesia per Oktober 2020, dimulai dari Rp 144,55 – 165,85 juta untuk keempat tipenya.

Artinya, dengan spesifikasi teknis serta fitur yang lebih, Freed bekas tersebut masih lebih murah ketimbang Calya baru di tipe terbawah. Selisihnya mencapai Rp 14,75 juta.


Sebenarnya, nominal itu bukan yang termurah karena harga jual terendah Freed dari tahun produksi 7 tahun lalu adalah Rp 122 juta. Namun, Freed bekas 2013 dalam pembahasan ini baru saja diiklankan hari ini sehingga unit pastinya masih tersedia.

Lebih lanjut, jarak tempuh yang tercatat di odometer kendaraan ada di kisaran 70 ribuan kilometer. Adapun mesinnya adalah mesin bensin 1.5-liter.

Banderol Rp 129,8 juta merupakan harga bagi pembelian secara kredit. Total uang muka (Total Down Payment/TDP) hanya Rp 45 juta, dengan angsuran Rp 3,4 juta per bulan. Tidak disebutkan mengenai tenor kredit.


Sementara harga untuk pembelian secara cash sedikit lebih mahal yakni Rp 135,8 juta net. Namun demikian pihak dealer menyebut masih membuka ruang untuk melakukan negosiasilangsung, bisa melalui telepon atau langsung mendatangi showroom di MGK Mall Kemayoran, Jakarta.


Lainnya, terlihat dari plat nomor, Freed bekas 2013 tipe S AT ini punya waktu perpanjangan pajak di bulan Maret. Dan dipaparkan juga sedikit mengenai kondisinya yang diklaim dealer ‘super istimewa’ dengan rekam jejak servis rutin di bengkel resmi Honda.

“Kaki-kaki senyap. Rutin servis Honda. Yang pakai mobil ini pasti sangat beruntung karena kondisi dijamin super istimewa. Jok kulit, ban tebal, pelek Racing,” tulis mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar