Honda CR-V Plug-in Hybrid dan Toyota RAV4 PHEV Bersiap Saling Gilas

Mobil Baru

Honda CR-V Plug-in Hybrid dan Toyota RAV4 PHEV Bersiap Saling Gilas

BEIJING – Honda CR-V PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) akan melengkapi keluarga Honda CR-V. Artinya Honda CR-V Plug-in Hybrid akan bertempur dengan Toyota RAV4 PHEV yang diluncurkan kemarin (14/9) di Eropa.

Honda CR-V PHEV merupakan kendaraan Honda pertama yang dilengkapi dengan sistem hibrida plug-in. Honda CR-V Plug-in Hybrid akan menjadi salah satu model berlistrik yang akan diperkenalkan Beijing International Automotive Exhibition 2020 atau Auto China 2020.

Sebelum kita membahas versi plug-in hybrid, yang memang belum diumkan spesifikasinya, tidak ada salahnya kita menengok kembali versi hybrid-nya.

Spesifikasi Honda CR-V Hybrid

Honda Motor menanam mesin 2.0-liter, 16-valve DOHC Atkinson, dengan efisiensi termal lebih dari 40 persen, tertinggi untuk mesin Honda yang diproduksi secara massal. Dua (2) motor listriknya sama seperti yang digunakan oleh Honda Accord Hybrid.

Sistem menghasilkan tenaga 212 HP. Mesin ini lebih bertanaga dengan CR-V non-hybrid 1.5-liter DOHC, direct-injected VTEC™ Turbo, yang bertenaga 190 HP. Konsumsi BBM (bahan bakar minyak versi hybrid pun lebih hemat 50%.

Mobil dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS) untuk kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan diri pengemudi.

Model hybrid yang dipasarkan di Amerika Serikat dilengkapi dengan teknologi-teknologi bantuan-pengemudi dan keselamatan Honda Sensing® yang terdiri dari:

  • Collision Mitigation Braking System™ (CMBS™) dengan Forward Collision Warning (FCW) dan kemampuan mendeteksi pejalan kaki
  • Road Departure Mitigation (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW)
  • Adaptive Cruise Control (ACC) dengan low-speed follow and Lane Keeping Assist (LKAS)
  • Blind spot information
  • Rear Cross Traffic Monitor
  • Auto High Beam headlights

Dengan sederet bantuan di atas plus fitur-fitur keselamatan seperti sejumlah airbag, ABS dan lain-lain, serta struktur tubuh yang mengangut Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) membuat keluarga ini meraih NCAP 5-Star Overall Vehicle Score dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dan TOP SAFETY PICK+ dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). 

Sejarah Honda CR-V

Generasi pertamanya diluncurkan pada 1995. Model yang saat ini dijual diluncurkan pertama kali di Geneva Motor Show 2018.

Di Amerika Serikat, penjualan Honda CR-V sekitar 5 juta unit, sekaligus menjadikannya sebagai SUV terlaris selama 22 tahun.  

honda cr-v turbo

"Inilah CUV terlaris selama dua dekade terakhir dan pembaruan yang kami buat untuk model 2020, termasuk varian hybrid-listrik baru, memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar SUV compact," kata Henio Arcangeli, Junior, wakil presiden senior Penjualan Mobil di American Honda Motor, pada 2019 lalu.

"CR-V Hybrid juga menandakan arah kami untuk membawa teknologi hibrida-listrik Honda ke semua model inti dan berinvestasi dalam produksi kendaraan listrik di Amerika."

Honda menargetkan dua pertiga dari penjualan mobil globalnya berasal dari kendaraan berlistrik pada tahun 2030. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar