Honda CR-V Hybrid, Akankah Masuk Indonesia?

Mobil Baru

Honda CR-V Hybrid, Akankah Masuk Indonesia?

FRANKFURT - Honda CR-V Hybrid akan tampil pada Frankfurt Motor Show 2017 dan berikut ini sosoknya sesuai dengan foto-foto yang telah beredar di dunia maya. Akankah dijual di Indonesia dalam waktu dekat?.

Dari foto tersebut terlihat bahwa Honda CR-V Hybrid tampil dengan tampilan yang sama dengan versi turbo. Bedanya mungkin hanya terletak pada emblem hybrid yang digunakan pada mobil ini.

Di balik kap mesin, Honda CR-V menggunakan mesin bensin Atkinson-cycle berkapasitas 2.000 cc dan dikawinkan dengan dua motor listrik i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive). Dengan ini maka diharapkan Honda CR-V Hybrid mampu menghasilkan tenaga sebesar 212 hp.

Yang menarik adalah, sistem dua motor Honda ini tidak memerlukan transmisi kovensional seperti pada umumnya, namun justru menggunakan satu gear saja untuk menyalurkan tenaga ke roda. Ada tiga mode berkendara yang diberikan yaitu mode EV, Hybrid, dan Engine Drive.

Sama seperti mobil hybrid lain, mobil ini dapat bergerak dalam model EV saja, namun baterai hanya memiliki kapasitas yang kecil dan membatasi jangkauannya. Mode Hybrid Drive menjaga agar mobil dapat bergeak layaknya mobil hybrid pada umumnya di jalan. Sementara untuk mode Engine Drive, motor listrik bekerja untuk meningkatkan perfoma mesin mobil ketika dibutukan tenaga yang maksimal.

Sayangnya, ini hanya berlaku untuk CR-V Hybrid Euro-Spec. Masih belum ada konfirmasi resmi apakan model ini akan datang ke benua lain. Namun bila dilihat dari sejarahnya, bukan tidak mungkin mobil ini akan hadir di beberapa benua lain seperti Amerika.

Selain itu, Honda juga belum membocorkan fitur apa saja yang akan menjadi keunggulan dari Honda CR-V Hybrid. Namun bukan hal yang muluk bila konsumen mengharapkan fitur-fitur terbaru dan belum dihadirkan di Honda CR-V sebelumnya.

Sementara untuk di Indonesia, Honda baru saja meluncurkan generasi kelima pada bulan April lalu. Tak hanya itu, Honda juga sudah meluncurkan Honda CR-V Tubo untuk meningkatkan penjualannya di Indonesia. Hasilnya pun tidak buruk, tercatat sejak awal tahun hingga bulan Agustus lalu, Honda CR-V telah terjual sebanyak 7.070 unit.

Baca juga : Test Drive all-new Honda CR-V 2017

Lalu bagaimana dengan versi Hybrid? Sampai hari ini belum ada pernyataan resmi dari PT Honda Prospect Motor (HPM) terkait hal ini. Jadi tunggu tanggal mainnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual