Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor

Berita Otomotif

Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor

MAGNY-COURS – Honda Civic Type R sudah memecahkan rekor di Sirkuit Nurburgring, Jerman pada 2017. Hatchback sport itu kemudian dibebani misi memecahkan rekor lima sirkuit Eropa lain tahun ini dan target pertama yaitu Sirkuit Magny-Cours, Prancis telah sukses ditaklukkan.

Civic Type R menjadi yang tercepat di Sirkuit Magny-Cours setelah berhasil menciptakan lap time 2 menit 1,51 detik. Aksi Civic Type R itu merupakan bagian dari ‘Type R Challenge 2018’ untuk mencatatkan rekor mobil berpenggerak roda depan tercepat di lima sirkuit ternama Eropa.

Sebelumnya, pada April 2017, salah satu mahakarya Honda ini sudah menaklukkan Sirkuit Nurburgring. Di sirkuit yang terkenal sulit itu, Civic Type R membukukan lap time 7 menit 43,8 detik atau 3 detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya VW Golf GTI Clubsport S.

Di sirkuit Magny-Cours sendiri, Civic Type R dikendarai dalam kondisi standar oleh Esteban Guerrieri, pembalap WTCR yang berlaga di FIA World Touring Car Cup 2018 dengan Honda Civic TCR bersama tim Münnich Motorsport. Untuk pemecahan rekor baru ini, Civic Type R melaju di sirkuit Magny-Cours GP sejauh 4,4 km dengan kontur jalan berkelok-kelok, tikungan tajam dan jalan lurus.

“Hal terbaik dari Civic Type R adalah ia mampu memberikan saya rasa percaya diri. Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling yang maksimal. Orang-orang menyebut Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni, dan hari ini kita telah membuktikan bahwa hal itu benar adanya, Civic Type R terus menembus batas dari sebuah mobil berpenggerak roda depan,” kata Guerrieri.

Civic Type R menggunakan mesin 2.0L VTEC TURBO yang menghasilkan tenaga 315 hp dan torsi 400 Nm. Dua dari banyak aspek pada mobil ini yang mendukung aksi pemecahan rekor di sirkuit-sirkuit adalah mode pengemudian +R serta Adaptive Damper System.

 “Kita dapat menggunakan +R mode saat mengendarainya di lintasan balap, kemudian beralih ke Comfort mode saat pulang ke rumah,” nilai Guerrieri.

Civic Type R didukung pula struktur bodi ringan, kokoh, center gravity, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan.

Terakhir, adapun empat sirkuit lain dalam ‘Type R Challenge 2018’ adalah Estoril, Hungaroring, Silverstone dan Spa-Francorchamps. Para pembalap andal yang telah disiapkan untuk Type R Challenge 2018 berikutnya adalah Jenson Button, Tiago Monteiro, Bertrand Baguette, Matt Neal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual