Honda Civic RS 2020, Sedan Lengkap yang Sporty

Mobil Baru

Honda Civic RS 2020, Sedan Lengkap yang Sporty

 

JAKARTA – Honda Civic RS diluncurkan pada 6 Februari 2020, sebelum masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terjadi di Indonesia.

Honda Civic RS dibuat lebih sporty dibandingkan dengan sebelumnya karena adanya ubahan pada bagian eksterior maupun interior mobil. Hal ini dilakukan karena berdasarkan riset yang dilakukan Honda, masyarakat lebih menginginkan kendaraan dengan desain sporty.

“Sedan ini hadir untuk mereka yang menginginkan sebuah mobil sporty, stylish sekaligus mempunyai ‘brand image’ ikonik,” papar Yusak Billy, Business Innovation and  Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Eksterior Honda Civic RS kini menampilkan penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping. Alloy Wheel berukuran 17 inchi tampil dengan desain Two-Tone untuk semakin memperkuat kesan sporty.

Honda Civic

Sementara pada bagian belakang Honda Civic RS kini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher. Emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic.

Honda Civic RS 2020 dilengkapi dengan Full LED Headlight dan LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian depan. Penambahan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp turut menambah kesan sporty pada bagian samping sekaligus meningkatkan keselamatan saat berkendara. Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp serta LED Light Bars dengan desain yang meruncing menambah kesan sporty.

Nuansa sporty semakin kental di bagian interior Honda Civic RS 2020 dengan desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining, serta desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.

Honda Civic RS

Sementara New Auto Dimming Rear View Mirror tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas pengendara yang lebih baik. Kemudian masih ditambah dengan New 7” Capacitive Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection untuk iOS dan Android untuk memberi hiburan di sepanjang perjalanan.

Fitur canggih lain yang disematkan pada Honda Civic RS 2020 meliputi Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu.

Selain itu, Honda Civic RS 2020 juga dilengkapi dengan One Push Ignition System yang berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Honda Civic RS 2020 masih menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin Honda Civic RS 2020 menghasilkan tenaga sebesar 170 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 219 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology. Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur Paddle Shift yang memberikan sensasi racing. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Sementara untuk fitur keselamatan pasif, Honda Civic RS telah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan. Fitur tersebut termasuk teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang. Selain itu, Honda juga melengkapinya dengan 6 buah Airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter hingga ISOFIX & Tether.

Sedangkan untuk fitur keselamatan aktif, Honda Civic RS dilengkapi dengan:

  • Electric Parking Brake
  • Auto Brake Hold
  • Hill Start Assist
  • Vehicle Stability Assist
  • Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA)
  • Brake Override System
  • Emergency Stop Signal

Model ini telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Honda Civic RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl. Harga Honda Civic RS 2020 Rp 499 juta. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar