Honda Civic dan Volvo XC90 Jadi yang Terbaik

Berita Otomotif

Honda Civic dan Volvo XC90 Jadi yang Terbaik

DETROIT - Bukan mobil-mobil Amerika, tapi mobil-mobil Jepang yang menjadi mobil-mobil terbaik di Amerika Utara. Ya, Honda Civic baru saja mendapat gelar North American Car of the Year 2016.

Menurut panelis juri, pemilihan kali ini merupakan salah satu pemilihan tersulit karena skor akhir para pemenang begitu dekat.

Untuk mendapat predikat North American Car of the Year 2016, Honda Civic harus mengalahkan dua rival yang menjadi finalis yakni Mazda MX-5 Miata dan Chevrolet Malibu.

"(Honda Civic) Ini benar-benar menetapkan patokan untuk ketenangan, kelancaran di kelas mobil kompak," kata anggota komite NACTOY John McElroy seperti dikutip Detroit News.

Di sisi lain, para juri memilih  North American Truck of the Year 2016 yang direbut oleh Volvo XC90. Mobil Swedia ini mengalahkan Honda Pilot dan Nissan Titan sebelum merebut mahkota. Tidak ada brand asal Detroit.

Volvo XC90 2016

Lebih lanjut dijelaskan kalau kedua penghargaan itu dimaksudkan untuk mengenali mobil dan truk yang menetapkan standar baru di kelas di mana mereka berada.

Ada 57 wartawan dari Amerika Serikat dan Kanada yang mengevaluasi puluhan kendaraan dengan melihat berbagai faktor, termasuk nilai dolar, inovasi, handling, kinerja, keselamatan dan kepuasan pengendara.

Pada tahun 2015 lalu duet Ford F-150 dan Volkswagen Golf/GTI yang memenangkan penghargaan. Sedangkan pada 2014, Chevrolet menyapu bersih penghargaan dengan Corvette dan Silverado.

Pabrikan Detroit yang menjadi tempat pagelaran acara ini sendiri menyapu bersih penghargaan delapan kali yakni pada 1995, 1996, 2005, 2007, 2010, 2011, 2013 dan 2014 sejak penghargaan mulai lebih dari 20 tahun yang lalu di North American International Auto Show. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual