Honda CB190TR Hadir dengan Nomor Marquez

Berita Otomotif

Honda CB190TR Hadir dengan Nomor Marquez

JAKARTA – Honda meluncurkan CB190TR dengan nomor milik Marquez pada bodi samping untuk biker pemula di China.

Pasar motor sport berkubikasi di bawah 250 cc masih cukup gurih di benua Asia khususnya. Kuda besi ini menyasar para pengguna baru yang rata-rata masih bisa dibilang ABG (Anak Baru Gede).

Honda China sendiri merasa yakin bahwa pasar motor sport naked 200 cc memiliki peluang yang sama. Maka kehadiran CB190TR bisa menjadi pilihan lain dari produk sebelumnya CF190TR yang menggunakan fairing.

Honda CB190TR Samping

Motor ini menggunakan konsep Neo Sport Café yang pertama kalinya dipopulerkan oleh CB650R. Artinya, kendaraan dibalut dengan retro modern yang atraktif dan belakangan tengah populer.

Bagian paling menarik dari motor ini adalah adanya identitas pebalap Honda MotoGP yang tenar di dunia Marc Marquez. Identitas tersebut hadir dalam bentuk nomor andalan sang pebalap yaitu 93 di bagian bodi kendaraan.

Desainnya, seperti disebutkan di atas, mengusung dua konsep yakni retro modern. Ini terlihat pada lampu depan yang berbentuk bulat namun telah menggunakan teknologi LED dan disertai DRL di pinggirnya.

Neo Sport Café ditunjukkan dengan buntut motor yang pendek dan diimbangi jok berbalut kulit dan berkelir kontras dengan bodi. Joknya sendiri cukup tebal sehingga cukup nyaman untuk dikendarai.

Unsur modernnya bisa terlihat jelas pada tangki bahan bakar yang menampilkan banyak lekukan dan menonjolkan kesan berotot. Juga pada pelindung radiator, meskipun motor ini tidak menggunakannya.

Sektor dapur pacunya, motor ini menggendong mesin berkapasitas 184.4 cc. Mesin ini di atas kertas mampu menghasilkan daya maksimum 16 hp dan torsi puncak sebesar 16 Nm.
Honda CB190TR Neo Sport Cafe

Untuk pengendara, bisa menikmati perjalanan dengan sajian informasi lengkap dari panel meter LCD berkelir biru. Berbagai informasi terpampang jelas hingga ada jam dan posisi gear.

Honda CB190TR ditopang dengan suspensi depan model terbalik atau inverted tanpa pengaturan. Sementara bagian belakangnya menggunakan monoshock preload-adjustable.

Sektor pengereman sudah dilengkapi dengan cakram baik depan maupun belakang. Sementara untuk depan telah dijejali dengan ABS single-channel sehingga tidak ada lagi gejala rem mengunci.

Honda CB190TR dipasarkan dengan harga $2.716 atau senilai Rp 39 jutaan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar