Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hino Bikin Truk Tangki BBM Pertamina Versi Baru yang Lebih Aman

Mobil Baru

Hino Bikin Truk Tangki BBM Pertamina Versi Baru yang Lebih Aman

JAKARTA – Hino 500 Series Ultimate, yang digunakan sebagai truk tangki BBM (bahan bakar minyak) Pertamina, mendapatkan penyegaran model dan menjadi lebih aman.

Hino 500 Series Ultimate tipe ABS, pada awal 2023, disempurkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Menurut Chief Operating Officer PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo, langkah ini mereka ambil demi melaksanakan komitmen menghadirkan produk-produk yang sangat sesuai dengan kebutuhan para konsumennya.

Hino 500 Series Ultimate, lanjutnya, digunakan oleh Pertamina sebagai truk yang mengangkut B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Di antaranya untuk truk tangki BBM serta liquified petroleum gas (LPG).

truk tangki BBM Pertamina

“Kami melihat untuk kendaraan untuk B3 dan tangki Pertamina, masalah keselamatan sangat penting sekali. Maka itu, kami menciptakan dan membuat produk yang lebih aman lagi,” ujar dia dalam seremoni peluncuran pada Rabu (18/1/2023) di Senayan, Jakarta.

Terdapat tujuh fitur baru pada Hino 500 Series Ultimate tipe ABS edisi 2023. Daftar kelengkapan terkait keamanan adalah Day-time Running Light, On-Road Cabin, Strainer, Cabin Tilt Safety.

Adapun yang terkait kenyamanan ialah AC, Power Window, Central Door Lock.

Hino 500 Series Ultimate ABS

Day-time Running Light meningkatkan visibilitas truk agar mudah dilihat para pengguna jalan lain. On-Road Cabin atau bumper depan bawah hadir untuk menyesuaikan terhadap regulasi Pertamina, juga membantu meningkatkan pendinginan pada radiator plus memberikan kesan tangguh pada tampilan.

Strainer berfungsi menghancurkan gel yang muncul ketika truk menggunakan biosolar. Dengan demikian, usia filter BBM menjadi lebih awet.

Lalu, Cabin Tilt Safety adalah fitur peringatan kepada pengemudi jika bagian bawah kabin tidak terkunci dengan benar, sehingga muncul potensi terjungkit. Woro-woro tersebut hadir dalam bentuk indikator lampu di meter cluster plus suara alarm.

“Pernah ada satu kejadian di Tanah Putih, Semarang yang tanjakannya tinggi dan turunannya curam. Saat itu kabin truk terbuka karena menguncinya kurang sesuai sehingga di turunan kabinnya terjungkit. Otomatis, pengemudi enggak bisa mengendalikan dan akhirnya truk terbuang ke samping lalu terbalik,” papar Santiko.

“Dari situ, tim Patra Niaga dan Pertamina berdiskusi dengan kami. Meski sudah ada dua mekanisme penguncian kabin, kami melihat bagaimana menyempurnakannya lagi,” lanjutnya.

truk tangki BBM Pertamina

AC dan Power Window sendiri terkait dengan kenyamanan pengemudi, agar dia tidak cepat lelah. Pada akhirnya, potensi terjadinya kecelakaan juga bisa direduksi.

“Kami mulai memproduksi massal model baru ini pada Januari 2023. Targetnya adalah Pertamina dan konsumen non-Pertamina yang lebih peduli terhadap keamanan dan keselamatan,” tambah Product Division Head HMSI Seno Wirdiyawantoro.

Hino 500 Serius Ultimate tipe ABS terbaru punya enam varian. Ada FG 260 JK ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, SG 280 TH ABS, FM 340 TH ABS. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang